Thursday, 19/4/2018 | 1:31 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Standar Baterai Kendaraan Listrik Oleh Pemerintah

Standar Baterai Kendaraan Listrik Oleh Pemerintah

Otolibs.com – Pemerintah dan akademisi saat ini sedang berupaya untuk mengembangkan mobil listrik di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi BBM atau bahan bakar minyak dan menekankan pencemaran udara adanya emisi gas buang.

Dalam upaya mengembangkan mobil listrik juga terdapat keuntungan dan kerugian yang akan dialami. Mobil listrik sendiri merupakan kendaraan dengan baterai yang sudah diproduksi oleh beberapa negara lainnya.

Standar Baterai Kendaraan Listrik

Penggunaan mobil dan sepeda motor listrik memang saat ini sudah menjadi tren dunia. Dalam tersebut ada alasan yang mendasari beberapa negara yang beramai-ramai memproduksi kendaraan listrik.

Mulai dari pemanasan global akibat dari emisi gas buang dan kelangkaan sumber daya alam minyak bumi. Indonesia sendiri juga pernah menghadapi krisis karena harga minyak yang sangat mahal. Oleh  karena itu industri otomotif dunia mengatasi permasalahan minyak bumi dengan memproduksi mobil listrik.

Pada standar baterai yang diisi ulang setelah beberapa lama dalam pemakaian dapat menurunkan kualitas baterai. Oleh karena itu harus diganti, baterai juga terbatas dan pembangkit listrik sendiri tidak ramah lingkungan. Jarak tempuh pada kendaraan juga lebih terbatas dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan BBM.

Standar dari baterai mobil listrik ini sangat penting, karena mobil listrik dapat berkembang di negara kita Indonesia dengan tidak membawa standar masing-masing yang dapat menyulitkan pengembangannya. Standar dari baterai mobil listrik juga akan masuk menjadi bagian roadmap pengembangan mobil listrik.

Kelebihan Kendaraan Listrik

Untuk kelebihan kendaraan listrik sendiri karena emisi nol atau tidak memiliki knalpot, dengan begitu tidak akan menghasilkan gas buang.

Operasinya juga rendah pada konstruksi kendaraan listrik seperti pada motor listrik yang sangat sederhana dibandingkan dengan motor yang menggunakan BBM. Kelebihan dari segi efisien, pada energi yang timbul pada kendaraan listrik saat pengereman dan energi getaran akan ditangkap kemudian disimpan dalam baterai yang dapat menambah daya untuk kendaraan listrik tersebut.

Kendaraan listrik juga lebih mudah di transmisikan dan mudah dihasilkan dari adanya generator. Jadi dengan banyaknya kelebihan dari kendaraan listrik tersebut, lebih mudah dikuasai oleh masyarakat Indonesia dibandingkan kendaraan konvensional.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *