Thursday, 19/7/2018 | 1:52 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Bahaya Yang Fatal Saat Mencuci Motor Dengan Keadaan Mesin Panas

Bahaya Yang Fatal Saat Mencuci Motor Dengan Ke

Otolibs.com – Kebanyakan pemilik motor di daerah perkotaan lebih memilih mencuci sepeda motornya pada tempat pencucian umum. Tapi tanpa disadari cara ini justru kan mendatangkan efek yang buruk. Hal ini bisa terjadi ketika mencuci motor dalam kondisi mesin dan komponen lainnya masih dalam keadaan panas. Karena pemilikingin lebih cepat, namun justru kebiasaan justrudapat menimbulkan berbagai kerusakan fatal pada berbagai komponen yang ada di sepeda motor. Berikut adalah beberapa kerusakan fatal yang akan terjadi.

Kerusakan Fatal Akibat Mencuci Motor Pada Keadaan Mesin Yang Panas

Terkelupasnya Logam Pada Beberapa Komponen Sepeda Motor

Bagian logam pada berbagai komponen motor apabila terkena air dingin ketika akan mencuci adalah dua hal yangsaling bertentangan. Pada saat besi panas dan langsung terkena air dingin, maka terjadi perubahan suhu secara drastis. Hal ini memberikan dampak sangat buruk pada motor.

Seperti haknya kasus yang pernah terjadi komponen blok mesin pada motor menjadi retak ketika tiba-tiba diguyur menggunakan air pada saat kondisi mesin masih sangat panas. Sedangkan dalam hukum fisika pun menyatakan bahwa pada saat terjadi perubahan suhu secara mendadak dapatmenjadikan perubahan pada bagian besi atau logam yang rusak.

Besi Knalpot Menguning

Dampaknya yang akan dirasakan memang tak langsung, namunpadakebiasaan buruk ini selalu dilakukan secara terus-menerus dan berulang-ulang. Komponen pada motor yang dapat mudah dilihat kerusakannya akibat mencuci pada kondisi mesinyang masih panas adalah bagian komponen pipa knalpot sepeda. Akibat yang akan terjadi adalah besi knalpot akan menguning. Selain komponen yang ada di knalpot bisa menguning, untuk model krom juga dapat membuat besi tersebut terkelupas.

Timbul Bercak Noda Pada Sekitar Mesin

Dampak buruk lainnya yang dapat ditimbulkan karena mencuci motor dalam keadaan mesin yang masih panas yaitu akan timbul bercak yang bis menjadi noda pada sekitar mesin. Adanya bercak noda pada mesin motor terjadi karena kandungan detergen yang ada  pada sabun dapat mengeringkan pelapis mesin saat melekat pada bidang yang panas. Setelah mengetahui dampak buruk yang akan timbul maka kan lebih baik jika mencuci motor dalam keadaan mesin yang sudah dingin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *