Tuesday, 17/7/2018 | 9:03 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Ampuh Hilangkan Bau Mobil Yang Terendam Banjir

Tips Ampuh Hilangkan Bau Mobil Yang Terendam B

Otolibs.com – Kedatangan musim hujan membuat beberapa daerah kota besar seperti Jakarta sebagai daerah rawan banjir akan kewalahan. Selain menenggelamkan pemukiman penduduk banjir yang melanda kota besar juga menghantui para pemilik mobil. Ketika menemukan jalanan yang tergenang air, maka pengemudi mobil akan dihadapkan dengan pilihan besar antara terus melaju pada jalan yang tergenang air tersebut atau menepikan mobilnya untuk menghindari jalan yangtergenang air.

Menerobos banjir tidak hanya mengakibatkan risiko komponen mesin dan elektrik yang ada di mobil saja. Namun juga air yang masuk pada kabin akan menjadi permasalahan besar. Karen apabila sudah terjadi hal ini maka pemilik harus siap untuk membongkar mobil kesayangannya.

Kabin mobil yang sudah kemasukan oleh air banjir harus segera dibongkar karena air yang ada di dalamnya jika dibiarkan saja  bisa menyebabkan bau yang tidak sedap. Bahkan pada mobil yang terendam banjir, bau yang tidak sedap tersebut tidak akan langsung dapat hilang walaupun kabin mobil sudah dibongkar dan dikeringkan. Berikut adalah cara yang bisa digunakan agar bisa menghilangkan bau tidak sedap karena terendam air hujan.

Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Mobil Akibat Terendam Banjir

Mengganti Peredam Orisinal Pabrikan Mobil

Peredam pada mobil adalah penyebab utama dari bau yang tidak sedap tersebut. Hal ini disebabkan peredam berada di paling bawah kabin mobil. Sehingga ketika air banjir memasuki kabin maka bagian yang pertama akan kena adalah peredam. Oleh sebab itu cara pertama yang dapat dilakukan adalah mengganti peredam yang telah terendam air banjir peredam orisinal pabrikan mobil.

Bau tidak sedap akibat bekas banjir cara ampuhnya adalah dengan mengganti peredam karena meskipun kapet dasar mobil terlah dibuka dan dikeringkan, hal tersebut tidak mempan untuk menghilangkan bau yang sangat menyengat.

Membongkar Kabin

Karena air banjir yang masuk ke mobil melewati kabin maka hal yang juga harus dilakukan adalah membuka atau membongkar kabin mobil. Hal ini dilakukan untuk mengganti peredam yang sangat sensitif dengan air dan membuat mau yang menyengat. Karena letak kabin berada di paling bawah maka kabin harus dibongkar hingga terlihat bodi bawah mobil dan peredam bisa diganti.

Membersihkan Beberapa Komponen Yang Mudah Bau

Setelah membongkar kabin dan mengganti peredam maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah membersihkan beberapa komponen yang mudah bau seperti karpet dasar, jok mobil, serta semua pelapis berbahan dasar kulit. Karena jika komponen tersebut tidak dibersihkan dan juga dikeringkan bisa membuat bau tidak hilang.

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *