Tuesday, 17/7/2018 | 9:14 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mencegah Karat Pada Mobil Ketika Musim Hujan

30 Cara Mencegah Karat Pada Mobil Ketika Musim Huj

Otolibs.com – Saat ini cuaca di Indonesia masih dikatakan belum stabil. Misalkan ketika panas terik pun hujan bisa saja secara tiba-tiba mengguyur tanah dan begitu juga sebaliknya. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi pemilik kendaraan, karena kendaraan yang biasanya digunakan khususnya pada bagian bodi mobil kemungkinan besar akan mengalami berbagai masalah atau risiko akibat guyuran hujan.

Mobil yang kerap kali dan terus menerus terguyur air hujan kemudian langsung diterpa sinar matahari terbuktiberpotensi sangat besar menimbulkan karat pada bodi mobil. Oleh sebab itu, bagi Anda pemilik kendaraan harus selalu memperhatikan kondisi kesehatan luar mobil yang digunakan agar terhindar dari noda karat.

Adanya karat pada bodi mobil karena seusai terkena air hujan mobil tidak segera untuk dibilas, pada dasarnya air hujan mengandung unsur asam yang memiliki sifat korosif terhadap logam terutama logam jenis besi.

Tips Bodi Mobil Terhindar Dari Karat Karena Terguyur Air Hujan

Sesegera Membilas Mobil

Langkah pertama yang dapat dilakukan agar terhindar dari karat akibat terguyur air hujan adalah sesegera mungkin membilas mobil yang sudah terkena hujan. Sangat dianjurkan untuk menggunakan air yang bersih pada saat membilasnya, dan pembersih yang tepat adalah sampo mobil. Anjuran pemakaian sampodikarenakan sampo memiliki anjuran pH yang rendah.

Meskipunbodi mobil berpotensi besar mengalami karatan karena asam dari air hujan, Anda juga tidak boleh lupa pada bagian tertentu seperti kolong mobil bersihkan pula kolong mobil walaupun tidak terlihat dari luar namun kebanyakan bahan dasar yang digunakan adalah besi yang mudah berkarat apabila terkena hujan.

Gunakan Anti Karat

Selain membilas dengan air bersih dan sampo langkah selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah melapisi bodi kendaraan dengan cairan anti karat. Karena hal ini akan meminimalisir pertumbuhan karat pada bodi mobil.

Hindar Parkir Pada Tempat Yang Lembab

Langkah ketika yang harus di lakukan agar bodi mobil terhindar dari karat adalah selalu parkirkan mobil Anda pada tempat yang aman dan tidak lembap. Karena bodi mobil berbahan dasar logam dan sudah tergores akan berkemungkinan besar berkarat apabila parkir pada tempat lembap. Air dan udara merupakan komponen penting yang menyebabkan kerat pada bodi mobil.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *