Thursday, 19/7/2018 | 12:09 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kerugian Isi BBM Mobil Yang Tidak Pernah Penuh

Kerugian Isi BBM Mobil Yang Tidak Pernah Penuh

Otolibs.com – Sebagian pemilik serta pengguna kendaraan roda empat tentunyasering melakukan kebiasaan buruk pada saat mengisi Bahan Bakar Minyak atau BBM. Kesalahan fatal yang sering terjadiadalah membiarkan tangki bahan bakar hampir habis tidak ada bahan bakar minyaknya lagi. Dengan kecerobohan ini sudah dapat dipastikan akan banyak kerugian yang ditimbulkan dan harus dihadapi pengguna mobil apabila pengguna terus melakukan hal ini.

Para pengguna yang membiasakan tangki bahan bakar mobilnya kosong dapat menimbulkan endapan dari kotoran, sehingga akan menyebabkan saluran bahan bakar akan tersendat.Kotoran di tangki dapatterhisab dan akibat buruknya bisa menyebabkan mobil tersendat dan juga mogok.

Kerugian Akibat Kebiasaan Mengisi BBM Tidak Pernah Penuh

Menimbulkan Korosi dan Karat Pada Tangki

Tangki bahan bakar minyak yang sering dibiarkan hampir habis dapat menimbulkan adanya korosi pada tangki tersebut. Secara ilmiahnya pada saat terjadi kondisi di tangki BBM mobil yang berada di posisi E atau empty, sisa dari tangki BBM tersebut adalah udara saja. Hal ini  juga sangat berpotensi menyebabkantangki berkarat secara keseluruhan.

Tenaga Mobil Menjadi Menurun

Hal yang menyebabkan adalah dua komponen yaitu uap atau udara akan bercampur dan menjadi titik-titik air yang kemudian akan bercampur dengan bahan bakar minyak yang ada di dalam tangki. Oleh sebab ituketika bahan bakar tercampur dengan air, pembakaran mesin mobil juga tidak akan sempurna.

Kedua titik air dan BBM tersebut dapat membuat senyawa baru yang nantinya akan menuju ke metal dan menyebabkan adanya korosi pada tangki. Korosi yang ada akan menyumbat suplai bahan bakar minyak ke sistem operasi mesin. Akibatnya tenaga mesin mobil akan menurun.

Mobil Mogok

Tentunya sering Anda temukan mobil yang tiba-tiba mogok saat melalukanperjalanan. Pada dasarnya hal ini disebabkan oleh korosi tangki yang berlebih dan menyumbat saluran suplai dari bahan bakal ke sistem pada mesin. Sehingga sangat disarankan untuk mengisi tangki mobil minimal setengah tangki atau mengisi penuh bahan bakar minyak ke dalam tangki.

Pada mobil diesel, kebiasaan buruk membiarkan tangki bahan bakat minyak hampir habis akan membuat mesin getar. Atau pincang RPM mobil akan naik turun dan tidak normal, hal lain juga akan mengakibatkan kurang tenaga, dan hal yang paling parah adalah mogoknya mobil karena uap yang menghasilkan air dan tercampur ke bensin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *