Friday, 20/7/2018 | 6:36 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Toyota Gagas Ban Mobil Tanpa Udara

32. Toyota Gagas Ban Mobil Tanpa Udara

Otolibs.com – Tokyo Motor Show 2017 menawarkan banyak konsep mobil masa depan yang menawarkan kenyamanan dan mengutamakan keselamatan bagi seluruh penumpang terlebih untuk pengendara, dimana interior mobil yang sebelumnya mendapatkan sorotan penuh karena dipastikan rasa nyaman. Ternyata bukan hanya kabin dan interior pendukung saja yang dibutuhkan agar pengemudi dapat menikmati setiap perjalanan, terlebih saat harus menyetir sendiri, diperkirakan ada faktor lain yang akan muncul di masa depan.

Fokus pengemudi ternyata menjadi faktor utama agar kenyamanan di dapatkan, tidak lagi diragukan kelengkapan interior mobil masa depan, namun sudah merambah pada sisi ban agar lebih nyaman dan aman. Terjadinya kerusakan pada ban, seperti bocor, kempes hingga meletus jadi faktor terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Konsep ban tanpa udara dari Toyota

Maka dari itulah, Toyota pada ajang Tokyo Motor Show 2017 pekan lalu, mulai mengembangkan sebuah teknologi baru yang telah ada pada Toyota Fine Comfort Ride. Mobil ini menggunakan konsep bahan bakar hidrogen, tanpa campuran sama sekali dan berhasil mencapai kecepatan 600 mil pada saat uji kendali dilakukan.

Keistimewaan dari mobil yang dibawa pada ajang tahun kali ini adalah sistem komponen elektrik tidak berpusat, dimana motherboard tidak lagi memegang seluruh kendali, fungsinya lebih mengoordinasikan agar mobil tetap nyaman dan stabil. Terlihat pada ban mobil, dimana setiap sisi sudah diterapkan fungsi masing-masing sehingga lebih optimal, bahkan terjadi rombakan besar pada komponen dalam ban.

Toyota Fine Comfort Ride memiliki ban yang nyaris sama seperti ban mobil golf yang tidak lagi menggunakan udara sebagai pengisian utama, hal ini ternyata bisa memangkas bobot ban lebih ringan hingga 30 persen dari ban mobil biasa. Bahan utama pengisian ban adalah plastik dan alumunium, hasilnya lebih ringan hingga lebih dari 5 kilogram.

Sebuah mobil masa depan yang sudah jelas menawarkan kenyamanan dan mengutamakan keselamatan, belum ada kabar resmi apakah Toyota Fine Comfort Ride akan diluncurkan? Bahkan mungkin sebagai ajang tahunan Motor Show saja, diperkirakan jika diproduksi pabrikan Jepang ini akan meluncurkan di pasar Eropa dan Amerika dengan kisaran harga cukup tinggi.

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *