Monday, 23/4/2018 | 11:13 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Merawat Mobil Matik agar Awet

41 Cara Merawat Mobil Matic agar Awet

Otolibs.com – Mobil matik merupakan mobil yang harus diperhatikan dalam hal perawatan. Pasalnya perawatan mobil matik dan mobil manual cukup berbeda. Jenis mobil yang telah terbukti meningkatkan jumlah pengemudi, karena memberikan kemudahan dan kenyamanan berkendara, ini terbilang cukup rentan kerusakan terutama pada bagian persneling dan kopling. Untuk itulah, memberikan perawatan terbaik pada mobil matik adalah langkah tepat agar mobil tersebut awet. Lalu perawatan apa saja yang dibutuhkan?

Cara Merawat Mobil Matic agar Tak Cepat Rusak

Rutin Melakukan Uji Jalan

Cara pertama adalah dengan rutin melakukan uji jalan pada mobil matic yang anda miliki. Setidaknya jangan sampai mobil tersebut lama tidak digunakan. cara melakukannya cukup mudah yakni jalankan mobil dan cobalah gunakan persneling. Apabila dalam proses pemindahan persneling terdapat bunyi bising serta muncul goncangan pada mobil, maka kemungkinan transmisi mobil matic sedang mengalami masalah. Salah satu solusinya adalah membawanya ke bengkel untuk pemeriksaan.

Teratur Ganti Oli

Pada mobil matic, oli menjadi komponen paling penting yang harus diperhatikan. Mengabaikan proses ganti oli dapat menyebabkan kerusakan parah pada bagian transmisi mobil. Bagi anda yang sering menggunakan mobil matic untuk berkendara ke luar kota, selalu cek oli mobil sebelum dan sesudah berkendara. Untuk mobil matic, hanya gunakan ATF (Automatic Transmission Fluid), yakni oli khusus untuk mobil matic. Rekomendasi terbaik penggantian oli adalah saat mobil matic mengalami jarak tempuh sekitar 80.000 KM hingga 100.000 KM.  

Gunakan Perseneling dengan Teliti

Cara yang terakhir adalah teliti saat menggunakan persneling. Sebisa mungkin jangan posisikan persneling pada ‘P’ saat mobil belum berhenti sempurna karena dapat merusak sistem persneling mobil. sebaliknya, jangan gunakan persneling pada posisi ‘D’ ketika anda memarkirkan kendaraan. Kesalahan penggunaan persneling yang terus menerus dilakukan akan membuat kopling rusak.

Itulah tips untuk merawat mobil matic yang harus diperhatikan. Untuk anda yang baru menggunakan mobil matic, jangan ragu untuk bertanya dan membaca buku panduan penggunaan agar mobil tersebut awet. Semoga bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *