Wednesday, 18/7/2018 | 11:51 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mengatasi Kaca Mobil Buram

45 Cara Mengatasi Kaca Mobil Buram

Otolibs.com – Kaca mobil merupakan bagian yang cukup penting pada mobil. Hal ini karena kaca mobil berfungsi agar pandangan pengendara mobil terlihat lebih jelas. Tak hanya itu saja, kaca mobil yang buram juga akan memengaruhi penampilan mobil. Untuk itulah, apabila kaca mobil anda buram, lakukan beberapa hal berikut ini.

3 Tips Mengatasi Kaca Mobil yang Buram

Ada beberapa penyebab mengapa kaca mobil menjadi buram. Pertama adalah karena kaca mobil jarang dibersihkan sehingga debu menempel di kaca. Kedua, adalah karena kaca mobil terserang jamur. Dan ketiga, wiper atau pembersih kaca dalam keadaan kotor. Berikut tips mengatasinya.

Jemur di Bawah Terik Matahari

Untuk kaca mobil yang jarang dibersihkan, caranya adalah bersihkan berulang kali hingga tak terdapat debu yang menempel di kaca. Saat membersihkan kaca mobil, gunakan pembersih atau sabun yang memang khusus untuk kaca mobil. Setelah dibersihkan, jemur di bawah terik matahari atau pada udara terbuka hingga kering.

Periksa Wiper

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab kaca mobil buram adalah penyapu kaca atau wiper yang kotor. Selain menyebabkan kaca mobil buram, wiper yang kotor juga dapat membuat kaca baret. Untuk itu, perhatikan juga kebersihan wiper. Bersihkan wiper secara berkala, setidaknya dua minggu atau satu bulan sekali tergantung pemakaian mobil.

Gunakan Cairan Pembersih Jamur

Pada kaca mobil yang buram karena adanya jamur, cara membersihkannya adalah dengan menggunakan cairan pembersih jamur. Untuk hasil maksimal, saat membersihkan kaca mobil karena jamur, gunakan kain microfiber untuk mengeringkan kaca. Meskipun terlihat sepele, namun jamur juga dapat menyebabkan baret pada kaca, terutama jamur yang telah ditempeli oleh kotoran berupa kerikil kecil.

Itulah beberapa cara mengatasi kaca mobil yang buram. Dengan mengaplikasikan cara tersebut, maka kaca mobil akan kembali bersih seperti semula. Sebagai saran, sesekali jemur mobil di bawah terik matahari untuk mencegah tumbuhnya jamur pada kaca. Tak hanya itu, cegah kaca menjadi buram dengan cara membersihkannya setelah digunakan, terutama pada musim hujan seperti sekarang. Semoga bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *