Monday, 23/4/2018 | 11:17 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Inilah Akibat Oplos Bahan Bakar pada Mesin Mobil

44 Inilah Akibat Oplos Bahan Bakar pada Mesin Mobil

Otolibs.com – Tak sedikit orang yang melakukan pencampuran bahan bakar kendaraan. Meskipun tujuannya adalah untuk menghemat biaya, namun perilaku ini memiliki dampak negatif yang harus dipertimbangkan. Tak hanya untuk pengguna kendaraan roda empat, pengguna roda dua pun tak akan luput dari dampak negatif oplos bahan bakar. Lantas apa saja dampaknya pada mesin?

Dampak Mengoplos Bahan Bakar pada Mesin Mobil

Seperti yang kita tahu, setiap kendaraan didesain sedemikian rupa lengkap dengan bahan bakar yang digunakan untuk kendaraan tersebut. Ada beberapa dampak yang dialami saat sering oplos bahan bakar.

Rusaknya Sistem Pembakaran

Dampak paling jelas dari perilaku oplos bahan bakar adalah rusaknya sistem pembakaran. Hal ini tak terlepas dari kadar oktan pada bahan bakar tertentu. Sebagai gambaran, mobil yang menggunakan kompresi 7-9:1 harus menggunakan bahan bakar premium atau bahan bakar jenis RON 88. Sedangkan untuk mesin berkompresi 9-10:1 menggunakan bahan bakar Pertamax atau RON 92. Dan untuk mesin berkompresi 10-11:1, bahan bakar yang disarankan adalah bensin RON 95

ECU Error

ECU (Electronic Control Unit) adalah indikator bahan bakar yang ada pada setiap kendaraan. Alat yang satu ini berfungsi menghitung sistem pengapian dan semburan bahan bakar. Tindakan oplos bahan bakar memang tidak akan terasa pada jangka pendek, namun apabila dilakukan terus menerus, maka ECU akan kesulitan dalam menghitung sistem bahan bakar.

Mesin Cepat Panas

Dampak lain dari oplos bahan bakar adalah mesin mudah panas. Mengapa? Hal ini karena masuknya kadar oktan yang tak sesuai pada sistem pembakaran. Bukan hal yang mustahil apabila mesin dapat terbakar.

Usia Mesin Pendek

Dampak terakhir adalah usia mesin akan semakin pendek. Tak hanya itu saja, kemungkinan terjadinya kebocoran oli karena kakunya seal juga semakin besar. Untuk itu, jangan sekali-kali mencampur bahan bakar agar mesin tetap awet.

Demikian beberapa dampak buruk perilaku oplos bahan bakar pada mobil. Apabila mobil yang digunakan terlanjur berisi bahan bakar campuran, segera bersihkan penampung bahan bakar agar tidak ada endapan yang mengganggu performa mesin. Semoga bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *