Monday, 23/4/2018 | 11:16 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Inilah Bahaya Pangkas Ujung Kepala Busi

Inilah Bahaya Pangkas Ujung Kepala Busi

Otolibs.com – Anda perlu mengetahui bahwa busi merupakan salah satu komponen yang dapat mendongkrak performa mesin. Selain itu berfungsi sebagai pengapian dan dengan hal itu banyak sekali para pelaku modifikasi yang terus mencari cara untuk mendongkrak busi standarnya.

Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pada Busi

Hal yang paling umum dilakukan oleh adalah dengan memotong elektroda ground atau sering disebut sebagai kepala busi yang memiliki bentuk melengkung diatas elektroda pusat. Biasanya hal ini dilakukan untuk mempercepat penyebaran api dan dengan bentuk elektroda dapat menghalangi pertumbuhan inti api yang terjadi pada busi.

Pemangkasan pada ujung elektroda dengan membuatnya sejajar biasanya disebut sebagai harapan api dan dapat bersentuhan langsung dengan bahan bakar yang digunakan serta udara yang terkompresi akan ada hambatan atau menekan efek quenching.

Kerugian dalam Memangkas Kepala Busi

Salah satu Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano sudah mengumumkan bahwa dengan memotong ujung elektroda dapat membuat kecepatan atau akselerasi kendaraan semakin meningkat akan tetapi dengan begitu Anda akan merasakan kerugian.

Pemotongan elektroda dapat membuat posisi awal pertumbuhan api menjadi bergeser dan menjadi semakin cepat membesar karena efek quenching yang lebih sedikit. Akan tetapi dengan adanya pergeseran tersebut maka dapat membuat keausan pada kedua elektroda dan menjadi tidak fokus akibat menerima percikan listrik.

Keausan Busi Berbahan Nikel

Dengan terjadinya keausan maka dapat berpotensi menimbulkan penumpukan karbon yang lama kelamaan akan membuat busi menjadi cepat rusak. Busi yang berbahan logam mulia tentu saja harus Anda jadikan pilihan dibandingkan dengan berbahan nikel karena cepat aus.

Setiap modifikasi yang dilakukan pada busi standar tentu saja akan menimbulkan efek negatif ataupun positif. Akan tetapi lebih baik jika ingin mendapatkan efek pengapian yang sangat sempurna maka gunakanlah busi yang berbahan logam mulia seperti Iridium IX dan G-Power.

Hal itu demi menjaga stamina kendaraan Anda dan tetap menjaga kendaraan agar tidak cepat rusak. Semakin Anda menggunakan busi berbahan nikel maka hal itu dapat merugikan diri sendiri karena harus terus mengganti busi standarnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *