Friday, 20/4/2018 | 9:04 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kecepatan Motor Anda Berkurang? Inilah Bagian yang Wajib Dicek

Kecepatan motor Anda Berkurang Inilah bagian yang wajib di cek

Otolibs.com – Tahukah Anda jika motor sering sekali dipakai maka kecepatan atau akselerasi motor akan menurun. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut dapat dikatakan normal karena sepeda motor juga ada masanya capek.

Kanvas dan Kopling yang Aus

Salah satu Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong yakni AsepSuherman menjelaskan bahwa  kecepatan menurun yang sering terjadi pada sepeda motor jenis matic, bebek, maupun sepeda motor sport hal tersebut terjadi karena beberapa masalah.

Hal yang paling sering terjadi adalah pada bagian kanvas koplingnya. Bebek biasanya di kampas manual atau di kampas kopling otomatisnya. Sedangkan sport itu pasti terjadi penurunan fungsi di kampas kopling manual.

V-Belt dan Roller Menjadi Penyebab Bagi Motor Matik

Herman juga menyatakan bahwa sepeda motor jenis matic terjadi penurunan akselerasi karena terjadi pada V-Belt, roller, dan kopling. Rata-rata performa akseleresai sepeda motor sudah menurun jika koplingnya sudah aus dan daya tarikannya juga sudah berkurang.

Banyak sumber yang menyebutkan bahwa berkurangnya tenaga pada sepeda motor adalah faktor pada bagian dalam ruang bakarnya yang terus mengalami penumpukan kerak. Kerak ini biasanya muncul karena adanya proses sisa pembakaran mirip yang terjadi pada kompor sehingga karbon hitamnya akan menumpuk.

Kurangnya Pengapian Pada Injector

Jika hal itu terjadi maka tentu akan menghambat terjadinya pembakaran. Masalah lain yang tentu saja bisa terjadi adalah settingan dari karburatornya. Pada bagian ini juga karburator dapat menjadi kotor dan pilot jet serta main jet tidak akan sesuai ataupun tersumbat. Masalahnya dapat disebabkan oleh injector yang sangat kotor sehingga motor menjadi kurang cepat.

Hal ini juga tentunya bisa terjadi karena settingan ECU yang tidak tepat sehingga mengakibatkan injector bermasalah. Untuk itu lebih baik Anda bersihkan bagian injector dengan menggunakan injector cleaner.

Selain itu menurunnya akselerasi sepeda motor dapat disebabkan oleh pengapian yang terlalu lemah. Motor yang memiliki system pengapian yang lemah maka akan sulit memenuhi kebutuhan ruang bakar dan pembakarannya pun menjadi tidak sempurna.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *