Tuesday, 22/5/2018 | 3:59 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Mengenal Teknologi Blind Spot Warning

10. Mengenal Teknologi Blind Spot Warning

Otolibs.com – Pada dasarnya segala bentuk teknologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia.Di dunia otomotif, teknologi berkembang dengan sangat pesat.Saat berkendara, tentu Anda mengenal istilah blind zone. Blind zone sendiri merupakan area yang tidak bisa dilihat karena berada di luar sudut pandang pengendara entah itu melalui pandangan langsung ataupun melalui kaca spion.Kondisi seperti ini sangat membahayakan untuk pengendara.Terlebih lagi untuk jalan yang terdiri dari berbagai jalur.

Biasanya blind spot terjadi ketika Anda sedang berada di jalan raya dan sebuah kendaraan atau objek yang berada tepat di samping kendaraan Anda tidak terlihat melalui kaca spion. Biasanya kendaraan blind spot ini hanya berjarak sekitar 2 meter saja sehingga sangat membahayakan.

Teknologi Blind Spot Warning

Untuk mengatasi masalah blind spot biasanya kendaraan terbaru kini sudah dibekali dengan fitur blind spot monitor. Sensor blind spot ini umumnya terletak di sisi kemudi dan juga bagian belakang mobil untuk mendeteksi keberadaan kendaraan lian yang berada di sekitar mobil. Peringatan dari fitur blind spot bisa berupa suara, getaran, taktil ataupun gambar visual.

Bahkan fitur ini tidak hanya dimanfaatkan ketika berkendara saja melainkan juga bisa digunakan saat pengemudi akanmemarkirkan kendaraan. Ketika mundur, traffic alert akan memberi tahu Anda jika terdapat objek yang mendekat entah dari samping ataupun dari belakang.

Tips Menghindari Blind Spot

Se canggih apapun teknologi yang sudah ada untuk mengatasi blind spot, sebagai pengendara yang bijak sebaiknya Anda menghindari area-area blind spot agar tidak terjadi hal-hal yang buruk. Karena blind spot area berjarak satu meter dari sebuah kendaraan maka sebaiknya hindari berkendara terlalu dekat dengan kendaraan lain. usahakan untuk tidak berada di samping bus/truk/mobil lain dengan jarak hanya sekitar satu meter apabila Anda sedang mengendarai sepeda motor. Agar lebih aman bunyikan klakson agar pengemudi lain mengetahui keberadaan Anda dan jangan sekalipun beranggapan bahwa pengemudi lain mengetahui keberadaan Anda.

Jika sedang berkendara menggunakan mobil, ketika akan berbelok ataupun berpindah jalur maka usahkan untuk memastikan bahwa di samping mobil Anda tidak ada kendaraan lain. Caranya adalah dengan menoleh secara langsung untuk mengecek ataupun memanfaatkan blind spot mirror agar jarak pandang menggunakan kaca spion.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *