Monday, 18/12/2017 | 8:17 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Motor Matic Loyo saat Ditanjakan

Penyebab Motor Matic Loyo saat Ditanjakan

Otolibs.com – Meskipun motor matic saat ini masuk dalam kategori motor terlaris di Indonesia, faktanya ada beberapa kendala yang kerap dihadapi oleh para konsumen setia motor matic khususnya saat digunakan di medan yang menanjak. Memang sudah bukan menjadi rahasia publik lagi jika motor matic sering tidak bertenaga saat digunakan di jalanan menanjak, hal ini lantaran sistem transmisi yang digunakan menggunakan v-belt tidak seperti motor manual yang terdapat rantai dan gear sehingga mempunyai tarikan yang kuat. Namun, dibalik itu semua sebenarnya ada beberapa penyebab mobor matic Anda menjadi loyo. Untuk mengetahuinya, simak terus ulasan berikut ini.

Penyebab Motor Matic Loyo saat Ditanjakan

Karburator Motor Kotor

Bagi yang mempunyai motor matic karburator maka harus diperhatikan kualitas karburator motor Anda. Karena salah satu penyebab motor matic tidak bertenaga saat ditanjakan adalah karburator yang kotor. Mengingat, karburator merupakan tempat pembakaran bahan bakar jadi keberadaannya sangatlah penting dalam menghasilkan tenaga pada motor. Ketika karburator kotor maka pembakaran yang dihasilkan tidaklah maksimal sehingga dapat mempengaruhi tenaga dan menjadi loyo.

Setelan Jarum Skep Tidak Pas

Ketika motor matic Anda loyo saat ditanjakan dan diperiksa di bagian karburtor masih bersih dan bagus maka sebaiknya cek dibagian jarum skepnya. Hal ini lantaran pemasangan jarum skep yang tidak pas maka bisa membuat motor matic menjadi loyo ditanjakan. Solusinya bisa membawa kebengkel agar dilakukan pemasangan yang tepat.

Filter Udara yang Kotor

Selain karburator kotor dan setelan jarum skep yang tidak pas maka penyebab motor matic loyo saat ditanjakan adalah filter udara yang kotor. Filter udara yang kotor tentu sangat menghalangi asupan udara untuk menuju ke ruang bakar sehingga terikan mesinnya menjadi berkurang.

Busi Sudah Tua

Busi yang sudah berumur tentu akan membuat performa motor menjadi berkurang. Hal ini lantaran percikan api menjadi kecil atau tidak maksimal. Oleh karena itu, supaya percikan api besar perlu dibersihkan secara berkala namun ketika dibersihkan tetap saja percikan apinya kecil dan loo bawa saja kebengkel untuk mengganti busi yang baru.

Itulah beberapa penyebab motor matic menjadi loyo saat menanjak, setelah mengetahui penyebabnya maka Anda dapat mewaspadai dan miminimalisirnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *