Tuesday, 22/5/2018 | 4:21 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Mengenal Airbag dan Seat belt pada Mobil

41. Mengenal Airbag dan Seat belt pada Mobil

Otolibs.com – Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, ada baiknya Anda memperhatikan sistem keamanan yang ditawarkan dalam mobil pilihan Anda. Fitur keamanan merupakan prioritas utama dalam menentukan kendaraan roda empat yang ingin Anda beli. Fitur keselamatan dan keamanan ini terbagi dalam dua macam, yakni fitur keselamatan aktif dan non aktif. Apabila membahas fitur keselamatan, tentunya berguna untuk memberikan rasa aman serta mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Seperti misalnya sabuk pengaman dan airbag.

Pertama akan dibahas airbag atau kantung udara sebagai salah satu fitur keselamatan pada mobil untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan.Airbag berfungsi melindungi daerah kepala, dada, dan leher. Selang beberapa milidetik setelah terjadinya tabrakan, airbag akan mengembang dari roda kemudi atau dari dashboard.

Sistem kerja airbag dijelaskan sebagai berikut, ketika terjadi tabrakan keras terdeteksi, sensor mobil langsung mengirimkan sinyal agar airbag mengembang. Airbag akan mengembang melindungi daerah vital seperti kepala, leher, dan dada. Ini ditujukan untuk mencegah cedera pada leher dan dada jika tubuh hanya dipasang seat belt saja.

Posisi airbag itu sendiri tergantung tipe mobilnya, ada yang hanya terpasang di bagian depan (pengemudi dan asisten) dan ada juga yang terpasang sampai ke bagian penumpang (front, side, dan curtain airbag).

Namun airbag saja belum memadai, pengemudi dan penumpang tetap diharuskan mengenakan sabuk pengaman.Hal ini disebabkan karena airbag terutama dimaksudkan untuk melindungi kepala pengemudi membentur kemudi saat terjadi tabrakan. Airbag tidak berfungsi mencegah pengemudi terlempar dari mobil. Itu sebab, sabuk pengaman tetap diperlukan sebagai pasangan airbag.

Fungsi sabuk pengaman ini untuk mengurangi risiko bahaya benturan dengan benda-benda yang ada dalam kendaraan. Ketika kecelakaan di jalan, posisi badan kita akan mengikuti arah benturan dari kecelakaan. Sehingga walaupun terjadi benturan dengan benda-benda dalam kendaraan, dengan ditahan seat belt tidak menimbulkan luka yang serius

Pentingnya fitur keselamatan sabuk penumpang membuatnya jadi perangkat yang wajib ada pada setiap mobil. Beragam model sabuk keselamatan pun telah banyak digunakan dan terus dikembangkan. Sabuk pengaman yang ada saat ini ada dua macam yaitu dua titik dan tiga titik. Sabuk pengaman dua titik, yaitu sabuk pengaman yang menggunakan sistem penahan dengan dua titik. Saat ini model dua titik jarang digunakan. Sementara sabuk pengaman tiga titik, yaitu sabuk pengaman yang membentuk satu jaringan yang sinambung.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *