Friday, 21/9/2018 | 1:52 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Pentingnya Blind Spot Warning Untuk Safety Riding

42. Pentingnya Blind Spot Warning Untuk Safety Riding

 

 

Otolibs.com – Secara umum istilah blind spot ini adalah suatukondisiketika kita tidak bisa mengetahui keberadaan sesuatu di sekitar kita. Blind spot selain dimiliki oleh manusia, hewan dan lainnya, ternyata juga dimiliki oleh kendaraan. Dimana kita tidak bisa melihat ke sekitar kita saat mengendarai kendaraan, baik motor atau mobil.

Daerah Blind Spot merupakan daerah diluar jangkauan pengawasan kita sehingga menjadi daerah yang berbahaya saat kita sedang menyetir. Mungkin banyak pengemudi yang hanya mengetahui Blind Spot hanya area yang berada disekitar kaca spion kita. Namun tahukah Anda, bahwa Blind Spot juga dapat terjadi di daerah spion belakang juga bisa saja terjadi dibagian depan kita.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat kita gunakan untuk dapat meminimalisir Blind Spot itu. Diantaranya, kita dapat membeli sepasang kaca spion Blind Spot yang bebas dijual di toko-toko aksesoris mobil.

Blind Spot ini dikatakan menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan disaat berkendara. Oleh karenanya, beberapa produsen mobil terus mengembangkan teknologi Blind Spot ini. Teknologi yang dikembangkan adalahdengan menanamkan sebuah lampu kecil disetiap kaca spion.Lampu ini yang akan memperingatkanada tidaknya benda bergerak yang berada di samping kendaraan kita dan yang berada dalam posisi Blind Spot kita. Ketika ada kendaraan lain disamping kita yang mungkin tidakterlihat, pengendara akan diperingati dengan lampu yang berkedip.

Fitur blind spot warning bekerja sebagai penanda untuk pengemudi atau driver ketika ada kendaraan di belakang mau menyalip kita.BSW bisa berupa sensor di bawah kaca spion ataupun sonar.

Fitur ini memiliki 4 sensor pendeteksi yang terletak di bumper depan ada 2 sensor dan di bumper belakang ada 2 sensor.Sensor ultrasonic yang terpasang dibagian bumperblind spot warning ini akan menemukan kendaraan yang ada di area belakang (diagonal).Sistem blind spot warning otomatis memperingatkan pengemudi melalui indikator yang ada di kaca spion dan buzzer berupa bunyi.

Fungsi BSW ini memberikan informasi jika kita mau berpindah jalur jalan,dengan melihat kaca spion ke belakang dan trun signal on maka jika ada kendaraan lain dengan kecepatan tinggi menyalip maka indikator menyala dan buzzer berbunyi.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *