Friday, 21/9/2018 | 2:20 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Memperbaiki Cat Mobil yang Retak

aaf

 

 

Otolibs.com – Cat mobil yang retak biasanya akan menyerupai permukaan yang pecah kecil-kecil. Pada dasarnya mobil yang sepeti ini diakibatkan oleh kerutan pada cat akibat perawatan yang kurang baik atau faktor-faktor yang lainnya. Nah, pada umumnya mobil yang mengalami cat retak adalah mobil yang telah dilakukan pengecatan ulang. Tentya cat retak pada mobil akan sangat mengurangi kemewahan mobil Anda, untuk itu kali ini kita akan membahas mengenai langkah memperbaiki cat mobil yang rusak.

Untuk mengurangi resiko retaknya cat pada mobil Anda, maka Anda bisa mencegah atau menghindari faktor-faktor penyebabnya seperti usahakan mobil tidak terlalu sering terguyur hujan seharian atau terlalu sering berada dibawah terik matahari.  Nah, berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaiki cat mobil yang retak.

  1. Bersihkan dahulu permukaan body yang mengalami retak

Untuk membersihkan bagian permukaan panel body, Anda dapat menggunakan gerinda, yaitu dengan mengganti mata gerinda dengan menggunakan mata yang memiliki sikat kawat. Namun apabila Anda tidak memilikinya, alternatif lain yaitu dengan cara membersihkannya dengan scrub kape yang tajam dengan cara mengeroknya sampai cat mobil yang retak bisa hilang dan bersih.

  1. Amplas permukaannya dengan amplas kasar

Lakukan pengampelasan dengan menggunakan apelas kasar, hal ini betujuan agar elemen cat yang mati terbuang habis dan tersisa permukaan yang bersih dan unsur cat yang matinya hilang. Anda dapat menggunakan amplas nomor 80.

  1. Anda dapat melakukan pendempulan secara tipis

Apabila terdapat permukaan yang tidak rata setelah melakukan proses pembersihan, maka Anda dapat melakukan pendempulan mobil secara tipis seperti pendempulan body mobil pada umumnya.

  1. Pengecatan pada permukaan body mobil

Tahap akhir yaitu pengecatan, pada bagian pelapisan pernis maka usahakan pernis tidak tercampur dengan cat. Karena hal ini akan menyebabkan cat retak dan tidak tahan lama. Untuk bahan catnya sebaiknya Anda tidak menggunakan NC. Anda dapat memilih cat piyu agar menghasilnkan hasil pengecatan yang indah.

Nah, itulah beberapa langkah untuk memperbaiki cat mobil yang rusak, semoga bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *