Sunday, 23/9/2018 | 8:29 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Mobil Mogok Mendadak

Penyebab Mobil Mogok Mendadak

 

 

Otolibs.com – Mobil mogok mendadak merupakan salah satu bencana yang harus kita waspadai. Mobil mogok mendadak merupakan hal yang sangat menyebalkan dan juga membingungkan. Coba bayangkan, ketika kita sedang terburu-buru atau berada di kawasan jauh dari bengkel terus tiba-tiba mobil mendadak pastinya akan sangat menyebalkan. Nah, untuk itu, sangat perlu bagi kita untuk mengetahui penyebab mobil mogok mendadak.

Sebenarnya terdapat banyak permasalahan yang mengakibatkan mobil tiba-tiba mogok. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda yang ingin bepergian jauh hendaknya memeriksa segala kelengkapan mobil Anda terlebih dahulu. Nah, adapun penyebab mobil mogok secara mendadak yaitu:

  1. Turunnya arus listrik ke terminal plus koil

Pada mobil yang telah berumur lima tahun ke atas, umumnya dijumpai masalah tegangan arus listrik ke koil yang menurun secara drastis. Hal ini lah yang dapat menyebabkan pembakaran tidak dapat terjadi karena pemantik api atau ignition tidak memperoleh aliran listrik. Nah, untuk mengeceknya, Anda dapat mengecek pada bagian kabel distributor dan menempelkannya ke bodi atau starter mobil.

Apabila dalam hal ini muncul percikan api, arus listrik juga masih ada, begitu juga sebaliknya. Namun apabila tidak terdapat arus listrik, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa sambungan kabel. Pastikan juga apakah terdapat kabel yang tidak tersambung dengan baik. Nah, apabila sambungan kabel tidak da masalah, maka koil atau platina mungkin mengalami kerusakan atau kotor.

  1. Arus aki sedang lemah

Melemahnya arus aki dapat terjadi karena beberapa hal, seperti alternator atau dinamo ampere aus, kendurnya minus aki atau aki Anda sudah rusak atau habis masa pakainya.  Nah, jika mencurigi penyebab mogoknya mobil Anda adalah karena aki, maka Anda dapat memeriksanya pada bagian pemasangan kabel aki, atau cek apakah bolumenya sudah cukup.

Nah, itulah diantara penyebab mobil mogok mendadak, sebenarnya ada lagi nih penyebabnya seperti aternator aus, diode putus, kabel berkarat, gulungan kawat tembaga putus, karburator bermasalah, switcher starter aus, dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda tetap mengecek kondisi mobil Anda secara rutin agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *