Sunday, 21/1/2018 | 4:41 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tanda Intake Manifold Mobil Bocor dan Cara Memeriksanya

Tanda Intake Manifold Mobil Bocor dan Cara Memeriksanya

Otolibs.com – Kerusakan pada sebuah komponen mobil tentunya adalah hal yang tidak aneh lagi. Sebab kodrat dari sebuah benda tentunya akan mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan pada mobil yang cukup mudah kita rasakan yaitu adalah bocornya intake manifold. Salah satu tanda intake manifold mobil bocor yaitu biasanya ada gejala putaran mesin yang tidak dapat langsam atau stasioner dan mesin tidak bertenaga.

Hal ini terjadi karena adanya udara palsu yang masuk tak hanya dari karbulator yang disebabkan karena adanya kebocoran intake manifold. Udara-udara palsu ini bisa masuk melalui sambungan-sambungan yang kurang rapat pada intake manifold, baik itu pada sambungan dengan karburator atau sambungan dengan kepala silinder.

Udara-udara yang masuk tanpa kita hendaki itulah yang akan mengacaukan setelan dari karburator. Nah, gejalanya akan terlihat saat mesin mulai panas dan biasanya pada saat gas dilepaskan, putaran mesin tak mau turun. Memang kebocoran pada intake manifold ini sulit terlihat oleh mata, namun kali ini ane akan membagikan langkah cepat untuk mengecek kebocoran tersebut. Yaitu dengan cara memanfaat setetes bensin.

Nah, dari tanda-tanda yang ditimbulkan, kita dapat mendeteksi kebocoran pada intake manifold. Untuk melacak letak kobocoran tersebut, maka kita dapat meneteskan bensin pada bagian yang dicurigai sudah bocor. Logikanya yaitu ketika ditetesi bensi ada lokasi yang bocor saat mesin hidup, maka campuran bahan bakar yang masuk pada area bakar akan bertambah. Bukan cuma dari karburator saja melainkan juga bahan bakar akan masuk melewati lokasi yang telah kita tetesi dengan besin tadi.

Bahan balar yang akan masuk ke area bakar tentunya menjadi bertambah hingga putaran mesin pun akan naik. Karena kita telah ketahui lokasi yang bcocor. Dan perlu diingat bahwa jangan terlalu banyak meneteskan bensi ketika mesin dalam keadaan hidup dan panas. Sebab hal ini akan dapat mengakibatkan kebakaran pada mobil Anda. Sekian dulu ulasan seputar tanda intake manifold mobil bocor dan cara memeriksanya, semoga bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *