Sunday, 21/1/2018 | 4:41 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Menyetel Katup Silinder Mobil Injeksi

Cara Menyetel Katup Silinder Mobil Injeksi

Otolibs.com – Katub atau juga sering disebut kelep merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur masunya gas bar dan keluarnya gas buang dari sisa pembakaran pada mesin. Katup disini memegang peranan yang sangat vital, dan apabila ada kebocoran pada katub, maka akan berakibat menurunnya tenaga mesin. Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas seputar cara menyetel katup silinder mobil injeksi.

Penyetelan celah katup merupakan salah satu langkah penyetelan awal sebelum Anda menyalakan mesin. Hal ini disebabkan karena celah katup adalah komponen yang sangat penting pada saat mengatur sistem kinerja dari mesin. Ada beberapa alasan mengapa celah katup harus disetel.

Karena apabila celah katub tidak disetel dengan baik maka akan berakibat katup akan membuka terlalu awal dan menutup terlalu lambat apabila celah katub terlalu sempit. Hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya kesalahan pada pengapian. Sedangkan apabila celah terlalu longgar maka katup akan membuka secara lambat dan menutup terlalu cepat. Hal ini tentunya akan mengakibatkan suara berisik dan getaran pada mesin. Nah, adapun langkah-langkah untuk menyetl katup silinder pada mobil yaitu sebagai berikut:

  1. Silahkan panasi mesin dan kemudian matikan.
  2. Kemudian tempatkan silinder nomor 1 pada titik mati atas atau TMA atau kompresi dengan cara memutar poros engkol.
  3. Selanjutnya kencangkan kembali baut-baut kepada dan baut-baut penguat roker. Adapun momen pengencangan yaitu menunjukan 1,8 –2,4 kgm.
  4. Kemudian silahkan setel celah katup dengan jara celah katup diukur dahulu antara batang katup dengan lengan loker. Adapun yang disetel yaitu hanya katup yang ditunjukkan oleh panah saja. Celah katup menunjukkan Hisap 0,20 mm dan buang 0,30 mm.
  5. Setelah itu, putarkan poros engkol (crankshaft) 360 o.
  6. Kemudain setel katup-katup lain yang ditunjukkan oleh panah.

Nah, seperti itulah kurang lebihnya cara menyetel katup silinder mobil injeksi. Jika Anda ragu untuk mencobanya sendri, Anda dapat meminta bantuan teknisis yang handal untuk menyetelnya, terimakasih.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *