Sunday, 23/9/2018 | 7:57 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Mengenal Kualitas Oli yang Baik untuk Mobil Matic

Mengenal Kualitas Oli yang Baik untuk Mobil Matic

Otolibs.com – Oli merupakan komponen yang tidak kalah penting dalam setiap kendaraan. Oli pada mesin sebuah kendaraan, memiliki fungsi vital. Bukan hanya berfungsi sebagai pelumas yang membuat mesin bisa berfungsi dengan mulus, tetapi juga berfungsi sebagai pendingin dan penyekat antar komponen mesin. Nah, untuk Anda yang ingin merawat mobil matic Anda agar tetap bisa berjalan mulus. Maka Anda harus mengenal kualitas oli yang baik untuk mobil matic.

Perlu diketahui bahwasannya oli bukan hanya cairan biasa, oli merupakan cairan yang mengandung lapisan-lapisan halus yang berfungsi untuk mencegah terjadinya benturan antar logam dalam komponnen mesin yang akan memngakibatkan goresan atau kausan. Dan perlu diketahui juga, bahwasannya oli yang dibutuhkan mobil matic dan manual tentunya berbeda, karena keduanya memiliki sistem komponen yang berbeda.

Jadi untuk Anda yang ingin mobilnya tetap awet tentunya tidak boleh asal-asal dalam memilih oli. Untuk itu pada pembahasan kali ini, penulis akan mengenalkan tentang oli yang berkualitas baik untuk Anda gunakan pada mobil matic Anda. Berikut adalah beberapa jenis oli yang bisa Anda jadikan pilihan.

  1. Oli Transmisi CVT

Jenis sistem transmisi mobil CVT ini pada umumnya akan memilih suhu sistem transmisi yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem otomatis konvensional. Komponen diantara keduanya juga berbeda sehingga membutuhkan oli yang juga berbeda. Untuk transmisi CVT pada umumnya menggunakan jenis oli CVTF atau CVT Fluid yang banyak beredar di pasaran.

  1. Oli Mobil Matic Dual Cluth

Pada umumnya jenis mobil yang menggunakan jenis sistem transmisi matic ini yaitu mobil-mobil yang menggunakan sistem transmisi otomatis yang canggih dan terbaru. Adapun sistem transmisi ini pada umumnya digunakan oleh mobil-mobil Eropa kelas hight seperti BMW, Audi, Mercedess Benz, dan lainnya.

  1. Pelumas otomatis konvensional

Nah, oli jenis ini sangat cocok untuk Anda jadikan pilihan ketika Anda menggunakan mobil jenis Toyota. Adapun jenis oli ini yang beredar dipasaran yaitu Dextron III, WS, ATF, dan lainnya.

Nah, itulah ulasan mengenai oli kali ini. Semoga dengan mengenal kualitas oli yang baik untuk mobil matic, Anda tidak salah pilih dalam menggunakan oli untuk mobil Anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *