Friday, 21/9/2018 | 1:44 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Perawatan Berkala pada Rem Mobil

Cara Perawatan Berkala pada Rem Mobil

 

 

Otolibs.com – Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam suatu kendaraan. Kendaraan yang tanpa rem, tentunya akan sangat berbahaya baik untuk diri sendiri atau membahayakan orang lain. Nah, untuk itu Anda sebagai pemilik kendaraan tentunya harus melakukan perawatan secara berkala agar rem tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Lalu sudah tau kah Anda cara perawatan berkala pada rem mobil?

Rem memiliki fungsi untuk menahan atau mengehentikan laju suatu kendaraan. Seperti komponen pada umumnya, rem juga memiliki sistem yang meliputi pedal rem dalam kabin, booster rem, slang rem, kaliper rem, master rem, kampas rem, dan minyak rem. Beberapa alat tersebut tentunya memilik fungsi tersendiri, dan semuanya harus berada pada posisi normal agar kita dapat mengendalikan kecepatan kendaraan dengan aman. Adapun cara perawatan rem yaitu sebagai berikut:

  1. Gantilah minyak rem secara rutin

Upayakan untuk mengganti minyak rem secara rutin pada setiap 25.000 km. Hal ini untuk menghindari kualitas minyak rem yang kurang baik dan menghindari penyebab rem blong.

  1. Periksa secara rutin kondisi kanvas rem

Keadaan kanvas yang sudah terlalu tipis tentunya akan mengurangi daya pengereman pada mobil Anda. Selain itu kondisi kanvas yang tipis juga akan menimbulkan kerusakan pada dinding piringan rem pada mobil. Sangat disarankan untuk segera mengganti kanvas ketika tinggal tersisa 20%.

  1. Jangan mengganti komponen rem dengan komponen KW

Usahakan untuk tidak mengganti komponen rem kamu yang telah rusak dengan komponen KW. Karena hal tersebut akan mengganggu kinerja rem dan akan membahayakan pengendara.

  1. Jangan lupa periksa kondisi sepatu rem

Pemerikasaan pada bagian ini bertujuan untuk memastikan agar rem dapat menekan kampas rem dengan baik. Karena bagian ini merupakan bagian yang rentan terhadap karat.

  1. Service secara berkala setelah pemakaian kurang lebih 5000 km.

Service secara berkala tentunya bertujuan untuk mendeteksi dan segera mengetahui apabila ada salah satu sistem yang kurang normal.

Nah, itulah beberapa tips mengenai cara perawatan berkala pada rem mobil, semoga bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *