Monday, 21/5/2018 | 9:16 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Rem Mobil Berbunyi? Berikut Gejala dan Cara Perawatannya

Rem Mobil Berbunyi Berikut Gejala dan Cara Perawatannya

 

 

Otolibs.com – Rem Mobil Berbunyi? Berikut Gejala dan Cara Perawatannya – Salah satu komponen yang tak boleh ketinggalan dalam sebuah kendaraan tentunya adalah rem. Karena rem merupakan komponen yang berfungsi untuk mengontrol laju kendaraan. Rem dalam kendaraan juga memiliki model yang bervariasi mulai dari rem hidrolik, rem tromol, hingga rem cakram.

Rem juga merupakan salah satu komponen yang berfungsi dan memiliki peran yang berat. Jadi tak heran jika rem juga merupakan salah satu komponen yang sering mengalami gangguan. Biasanya salah satu gangguang pada rem yaitu rem berbunyi ketika ditekan, betul nggak sob? Apabila rem Anda mengalami gangguan tentunya harus segera ditangani, sebab apabila dibiarkan akan berlanjut pada rem blong.

Kondisi rem yang blong tentunya akan sangat membahayakan. Adapun gejala dari gangguan pada rem yaitu rem berbunyi, rem berbau hangus, rem bergetar, dan lainnya. Nah, pada kali ini ane akan berbagi tips mengenai cara untuk merawat rem mobil. Untuk Anda yang penasaran, langsung simak.

  1. Periksalah kondisi minyak rem secara berkala atau ganti setiap 50.000 km. Namun apabila sebelum batas minimal tiba-tiba minyak rem sudah habis, maka kemungkinan ada kebocoran.
  2. Periksalah ketebalan kampas secara rutin. Direkomendasikan untuk mengganti kampas setiap 25.000 km. Nah, untuk mengetahui apakah rem sudah tipis, maka Anda bisa memasukkan jari ke sela-sela kampas rem dan kaliper ketika rem dingin.
  3. Ganti sepatu rem dengan perbandingan 4 banding 1. Makksudnya yaitu ketika kampas rem sudah diganti 4 kali, maka pada pergantian yang keempat tersebut tentunya sepatu rem juga waktunya diganti. Sedangkan berdasarkan jaraknya, idealnya sepatu rem diganti setiap 100.000 km.
  4. Periksa lampu rem sebelum berkendara. Sebab lampu rem yang tidak aktif juga akan membahayakan pengendaran lain.
  5. Servis secara berkala kurang lebih setelah pemakaian 50.000 km

Nah, demikian informasi yang ane berikan kali ini. Semoga penulisan dengan judul Rem Mobil Berbunyi? Berikut Gejala dan Cara Perawatannya akan bermanfaat untuk pembaca.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *