Monday, 20/8/2018 | 5:29 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Membuat AC Mobil Lebih Dingin dan Nyaman

Cara Membuat AC Mobil Lebih Dingin dan Nyaman

AC atau Air Conditioner adalah salah satu kebutuhan inti yang hampir wajib ada dalam sebuah mobil. Sebab sering sekali terjadi udara yang panas dan pengap dalam sebuah kendaraan. Hal ini tentunya akan semakin membuat pengendara merasa tidak nyaman. Oleh karena itu keberadaan AC dalam sebuah mobil tentunya sangat diperlukan. Nah, kali ini ane akan memberikan sedikit tips nih mengenai Cara Membuat AC Mobil Lebih Dingin dan Nyaman.

AC yang dingin dan sejuk dalam sebuah mobil tentu akan membuat pengendara nyaman dan betah saat berkendara selama berjam-jam sekalipun. Untuk itu, Anda dapat mengoptimalkan kinerja AC mobil Anda agar dapat menciptakan suasana yang lebih dingin. Ngomong-ngomong soal AC dingin, ane kasih tau info nih.

Bahwasannya salah satu cara untuk membuat AC pada mobil Anda lebih dingin yaitu dengan mengganti kompressor AC yang awalnya 5 piston dengan kompressor AC yang menggungakan 10 piston. Dengan menggunakan kompressor 10 piston, maka akan dapat meningkatkan tenaga AC pada freon untuk merubah udara menjadi gas dingin melalui evaporator. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka Anda bisa datang ke mekanik yang sudah handal.

Namun perlu diketahui juga, bahwa ketika Anda mengganti kompressor yang awalnya 5 piston menjadi 10 piston maka akan mengakibatkan bertambahkan beban kinerja mobil Anda, bisa jadi mesin cepat panas, dan konsumsi BBM pun juga akan meningkat.

Selain meningkatkan kompressornya, tentunya Anda juga harus mengecek apakah semua komponen AC mobil Anda berfungsi dengan baik. Karena apabila salah satu dari komponen pada mobil Anda tidak berfungsi dengan baik, maka akan mengganggu kinerja AC mobil Anda, sehingga AC terasa tidak begitu dingin.

Adapun beberapa komponen dalam AC mobil yaitu sebagai berikut:

  1. Kondensor – radiator.
  2. Evaporator atau evap.
  3. Freon atau cairan freon.
  4. Motor Fan atau kipas.
  5. Kompressor
  6. Magnetic Clutch
  7. Selang
  8. Seal
  9. Switching, dan lainnya.

Nah, demikian dulu guys tips mengenai Cara Membuat AC Mobil Lebih Dingin dan Nyaman. Semoga bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *