Sunday, 21/1/2018 | 12:26 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Jangan Sekalipun Asal-Asalan Dalam Memodifikasi Motor

SONY DSC

 

Otolibs.com – Memodifikasi motor kepunyaan sendiri memanglah sah-sah saja untuk dilakukan, tapi sebelumnya melakukan modifikasi ada baiknya untuk Otolovers mencari terlebih dahulu referensi terbaik supaya tidak merugikan.

Seperti saat insiden terbakarnya Honda CRF150L yang telah mengubah sistem pengabutan injeksi jadi karburator. Jelas hal tersebut tak sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Nah untuk hal itu, Astra Honda Motor mengingatkan untuk para pecinta modifikasi ada baiknya untuk lakukan modifikasi sesuai dengan rekomendasi yang ada.

“Modifikasi yang aman, sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang punya pengalaman yang baik dan disertai peralatan yang memadai,” ucap Sarwono Edhi, New Model Service & Publication Dept PT AHM.

Sebut saja, lanjut Sarwono, modifikasi pada bagian sistem kelistrikan. “Untuk penggunaan kabel misalnya, gunakan kabel yang sesuai dengan pabrikan kekuatannya, baik voltase, ampere-nya, demikian pula sambungan kabelnya, penyambungan harus kuat, bisa disolder dan jika menggunakan isolasi, gunakan yang khusus untuk listrik, untuk mencegah korsleting,” ucapnya.

“Untuk komponen yang lain, gunakan merek-merek yang memiliki kualitas yang baik. Dan pengencangan baut dan mur, sebaiknya menggunakan kunci torsi, agar pengencangannya sesuai dengan spesifikasi, terlebih untuk komponen pada mesin,” ujarnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *