Saturday, 21/4/2018 | 9:22 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Mesin Cepat Panas

Penyebab Mesin Cepat Panas

 

 

Otolibs.com – Mesin cepat panas atau bahasa kerennya overheat merupakan suatu kondisi dimana mesin Anda memiliki temperatur berada datas suhu kerja mesin. Mesin yang overheat akan membawa dampak yang sangat tidak baik bagi kendaraan Anda seperti suara mesin semakin berisik, tenaga mesin dapat berkurang, hingga mesin akan mati mendadak. Nah, untuk merawat mesin Anda agar tidak overheat, tentunya Anda harus mengetahui dahulu apa penyebab mesin cepat panas.

Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda akan mendapatkan solusinya. Nah, pada pembahasan kali ini, penulis akan memaparkan mengenai penyebab mesin cepat panas. Adapun beberapa kemungkinan penyebabnya yaitu:

  1. Sirkulasi oli yang kurang baik

Oli merupakan cairan yang bukan hanya berfungsi sebagai pelumas mesin, melainkan juga dapat berfungsi sebagai penyerap panas dalam mesin. Apabila sirkulasi saluran oli tersumbat, maka otomatis oli tidak akan dapat menyerap panas karena beberapa bagian komponen mesin tidak terlumasi oli.

  1. Rusaknya kipas pendingin

Beberapa mesin dilengkapi dengan pendingin radiator dan coolung fan. Adapun letak cooling fan ini biasanya berada di belakang radiator dengan ukuran kecil yang digerakkan oleh tenaga listrik. Kipas ini akan aktif ketika suhu mesin mulai melampai batas normal. Nah, jadi ketika tidak berfungsi, tentunya akan mengakibatkan mesin cepat panas.

  1. Mesin bekerja terlalu berat

Kondisi mesin cepat panas ini juga dapat terjadi ketika mesin bekerja terlalu keras, misalnya saja ketika Anda mengendarai kendaraan pada jalanan yang menanjak, atau sedang digunakan untuk mengangkut beban yang berat.  Pasalnya saat digunakan untuk menempuh medan yang menanjak, piston dalam mesin akan bergerak naik turun semakin cepat. Hal ini mengakibatkan penurunan RPM mesin dan tentunya membuat panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran mesin yang lebih banyak. Sebab terjadi perubahan energi dalam mesin yang mengakibatkan panas mesin cepat meningkat.

Nah, itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab mesin cepat panas. Jadi ketika mesin mobil Anda tiba-tiba mudah panas, tentunya bukanlah suatu hal yang aneh dan tanpa penyebab. Anda bisa mengecek pada bagian-bagian yang telah disebutkan diatas.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *