Saturday, 21/4/2018 | 9:17 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Mau Beli Tiket PO Bus Pakai Online, Bingung Mau Beli Dimana!

Mau Beli Tiket PO Bus Pakai Online, Bingung Mau Beli Dimana!

 

 

 

 

Otolibs.com – Kementerian Perhubungan akan terapkan pemesanan tiket online untuk penumpang perusahaan otobus antarkota antarprovinsi. Semua perusahaan PO, diharapkan dapat merapat dengan sistem pembayaran online.

Budi Setiadi selaku Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub ungkapkan   salah satu payment gateway pemesanan tiket bus online yang telah ada saat ini adalah Bos Bis. Setiap PO juga dapat membangun sendiri sistem pemesanan online masing-masing.

“Nama gateway payment Bos Bis. Yang sudah membangun aplikasinya,” ujar Budi.

Penerapan padaskala lebih luas, ditargetkan mulai dilakukan pada bulan Januari di sejumlah wilayah di Jakarta. Sejumlah PO bus besar telah menuturkan bergabung pada sistem pemesanan online tersebut.

Di lain sisi, Kepala Subdirektorat Angkutan Orang, Direktorat Angkutan dan Multimoda Kemenhub, ungkapkan kenyamanan yang bisa diperoleh PO AKAP yaitu kepastian harga. Baginya, kerap di terminal banyak calo yang tetapkan harga tinggi.

“Harga sudah ada di online. Tidak ada kenaikan setelah online. Yang menetapkan tarif dari masing-masing PO. Jadi dengan online otomatis nggak perlu calo-calo,” ujar Syafrin.

Diungkapkannya, untuk pembelian di minimarket yang jadi payment gateway, bakal ada biaya administrasi tambahan. “Ya biaya administrasi tergantung payment gateway,” ucapnya.

Bagi dia, penerapan skema payment gateway pada bus-bus yang berangkat dari terminal ini otomatis menghapus keberadaan calo-calo yang berkeliaran di terminal.

“Kalau sudah online, otomatis calo hilang. Kalau penumpang begitu datang ke terminal sudah pegang tiket bus, itu meminimalkan calo tentunya,” tegas Syafrin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *