Saturday, 21/4/2018 | 9:18 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tiket Bus Dijual Online, Calo Terminal Otomatis Musnah

Tiket Bus Dijual Online, Calo Terminal Otomatis Musnah

Otolibs.com – Dalam waktu dekat ini, penumpang PO bus antar kota antar provinsi tidak perlu lagi membeli tiket bus di loket terminal. Kementerian Perhubunganmulai bulan Januari 2018 bakal terapkan pembelian tiket bus secara online Sebagaimana yang telah diterapkan pada kereta api dan pesawat.

Kepala Subdirektorat Angkutan Orang, Direktorat Angkutan dan Multimoda Kemenhub, Syafrin Liputo, mengungkapkan penerapan skema payment gateway pada bus-bus yang berangkat dari terminal ini otomatis hapus keberadaan calo-calo yang telah berkeliaran di terminal.

“Kalau sudah online, otomatis calo hilang. Kalau penumpang begitu datang ke terminal sudah pegang tiket bus, itu meminimalkan calo tentunya,” ucap Syafrin.

Ia mengatakan, pengguna jasa PO juga dapat memesan tiket di jaringan minimarket yang saat ini telah banyak tersebar di banyak lokasi. Sekarang ini, telah lebih dari 10 PO besar yang telah masuk ke sistem payment gateway.

Bukan hanya itu, penerapan di tahap awal baru dapat dilakukan di Jakarta dengan tujuan bus ke luar daerah. Targetnya, penerapan sistem ini dapat dilakukan paling akhir pada bulan 2018.

“Targetnya Januari akhir ini sudah bisa diterapkan. Paling akhir-akhir ya Februari. Kita sudah tunjuk payment gateway-nya. Ini kan masih awal, sementara Jakarta dulu, baru diterapkan ke daerah lain,” pungkas Syafrin.

Budi Setiadi, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, menuturkan pemberlakuan pembelian tiket secara online ini jadi langkah peningkatan kualitas layanan bus di terminal-terminal.

“Ini upaya kita untuk peningkatan layanan penumpang bus antar kota antar provinsi. Makanya kita akan segera terapkan terobosan tiket online untuk penumpang bus, seperti yang sudah dinikmati penumpang kereta api dan pesawat,” jelas Budi.

Untuk di tahap awal, kata Budi, pihaknya bakal mengaplikasikan pemesanan tiket bus online di Jakarta sebagai pilot project. Baru selanjutnya bakal diberlakukan ke terminal-terminal lain di Indonesia. sejumlah perusahaan otobus, Baginya telah merapat pada sisitim yang kini sedang dikebut itu.

“Resminya di Jakarta dulu. Kita dorong semua PO bisa ikut. Saya dengar di Surabaya malah ada PO yang sudah menerapkan (pembelian tiket) online duluan,” ucap budi.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *