Wednesday, 18/7/2018 | 4:43 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ini Alasan Klakson Itu Penting Adanya Pada Kendaraan

Ini Alasan Klakson Itu Penting Adanya Pada Kendaraan

 

 

Otolibs.com –  Walau tak semua, masih banyak yang tidak begitu peduli dengan klakson yang sebetulnya wajib ada di kendaraan. Sebab klakson mempunyai peranan yang penting jadi alat komunikasi antarsesama pengguna jalan, baik motor, mobil, maupun pejalan kaki dan lainnya.

Seperti yang telah dijelaskan oleh Yudi Prasetio selaku Instruktur Rifat Drive Labs, setiap kendaraan yang keluyuran di jalan umum wajib untuk mempunyai klakson yang merupakan alat komunikasi. Hal itu sudah tertuang pada undang-undang.

“Wajib ada pada setiap kendaraan sesuai dengan pasal 48 ayat 1 UU No. 22 Tahun 2009,” ujarnya.

Diwajibkan bukannya tanpa alasan, sebab bagi Yudi, klakson yang merupakan alat  komunikasi bukan cuma untuk  komunikasi  tapi juga untuk tingkatkan keamanan berkendara dan berlalu lintas.

“Setiap kendaraan yang akan digunakan di jalan umum wajib memiliki alat komunikasi yang merupakan bagian dari fitur keselamatan agar si pengendara dapat berkomunikasi (memberikan isyarat atau peringatan) pada pengguna jalan lainnya yang ada di sekitarnya,” ucapnya.

Tapi Yudi juga balik menekankan untuk jangan karena klakson yang merupakan fitur yang penting pada kendaraan untuk komunikasi, bukan berarti dipakai secara berlebihan.

“Ya asal jangan dipakai secara berlebihan,” tekannya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *