Monday, 21/5/2018 | 9:12 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Perbedaan Ban Tubles dan Biasa Pada Motor

Perbedaan Ban Tubles dan Biasa Pada Motor

 

 

Otolibs.com – Ban tubeles kepopulerannya sudah kemana-mana. Kemampuannya yang hebat menjadikannya sering dipakai untuk ban motor. Sementara ban biasa sudah dari dulu dikenal. Sebelum mengenal ban tubeles, ban biasa ini lebih sering digunakan. Perbedaan Ban Tubles dan Biasa sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Sama-sama bulat dan terbuat dari karet. Namun tidak dengan daya tahan kedua ban ini.

Ban tubeles sendiri dipakai para pembalap motogp. Jadi GP mania pasti sudah tidak asing dengan ban ini. Karena sudah sering muncul di televisi Anda semua.

Semantara itu, akan dijelaskan  beberapa perbedaan yang dimiliki kedua ban ini.

Meski tak jauh berbeda karena bentuknya sama-sama bulat, tapi jika dari fisik, ban Tubeles lebih gendut dibanding ban biasa.

Ban Tubeles

  • Ban ini sangat kuat dan tahan bocor. Paku yang tak sengaja tertusuk belum pasti bisa membuat ban ini kempes.
  • Untuk pengisian angin, ban tubeles cukup mengisinya satu tahun sekali. Karena kerapatan ban ini, yang tidak membuat udara mudah keluar.
  • Ban ini lebih kuat mencengkeram aspal. Jadi layak bila para pembalap motogp menggunakan ban tubeles. Sebab saat melakukan manuver, mereka sulit untuk jatuh atau motor kehilangan keseimbangan.
  • Jika ban tubeles bocor, maka sulit bagi Anda mecari penambal yang bisa menambalnya. Karena tidak semua tambal ban bisa memperbaiki ini. Akan tetapi, ada sebuah cairan di mana bisa diaplikasikan ke ban tubeles untuk mengatasi kebocoran ban. Cairan itu bisa Anda beli ditempat tertentu. Cukup dengan memolesi cairan itu ke ban yang bocor, lalu isi ban dengan angin. Kemudian ban sudah bisa dibuat menggelinding lagi.

Perbedaan Ban Tubles dan Biasa berikutnya adalah :

Ban Biasa

  • Menggunakan dua ban yang terbagi atas ban luar dan ban dalam. Pada bagian ban luar, tekstur ban ini sangat keras, sementara ban dalam lebih lembut.
  • Ban biasa bisa dipasang di jenis velg apapun
  • Untuk mendapatkan ban ini lebih irit karena harganya yang lebih murah daripada ban tubeles

Perbedaan Ban Tubles dan Biasa di atas memiliki satu kesamaan yakni sama-sama ban. Memiliki tugas yang sama yaitu menggelinding di atas aspal. Cuma kemampuan mereka yang memiliki keunggulan berbeda-beda membuatnya menjadi pilihan untuk para pengguna motor. Jadi, apa yang kalian pilih? Ban tubeles atau ban biasa?

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *