Wednesday, 18/7/2018 | 4:22 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Mengenali dan Mengatasi Kerusakan Busi

Mengenali dan Mengatasi Kerusakan Busi

Otolibs.com – Busi menjadi salah satu komponen pada mesin kendaraan karena fungsinya sebagai alat yang menghasilkan percikan bunga api listrik untuk membakar campuran bahan bakar yang telah tercampur dengan udara di dalam ruang silinder kendaraan. Sebagai salah satu hal yang paling penting, ternyata busi ini juga rentan mengalami kerusakan. Maka dari itu, Anda harus bisa mengenali dan mengatasi kerusakan busi agar kinerja mesin kendaraan Anda tidak terganggu.

Sangat penting untuk Anda mengetahui dan mengatasi kerusakan pada busi, karena jika tidak, busi kendaraan Anda akan cepat rusak dan mesin kendaraan Anda pun juga ikut bermasalah. Selain itu, Anda juga harus melakukan perawatan rutin pada kendaraan Anda dan memeriksa setiap komponen yang ada pada mesin kendaraan. Dengan begitu, masalah yang terjadi bisa segera diatasi.

Berikut beberapa cara mengenali dan juga mengatasi kerusakan pada busi kendaraan, yang perlu Anda ketahui:

  1. Jelaga Hitam Pada Busi

Kerusakan busi ini bisa terjadi karena pembakaran yang kurang sempurna sehingga bisa menyisakan jelaga atau debu hitam pekat pada elektroda juga pada ujung instalator busi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencari tahu penyebab pembakaran yang kurang sempurna pada kinerja busi dan periksalah setelan dan injeksi, campuran besin, mekanisme cook, serta filter udara.

  1. Busi Berlapis Kuning dan Basah

Penyebab kerusakan ini diakibatkan bensin atau oli yang tercampur oleh bahan lain seperti air atau bisa juga dengan akibat penggunaan bahan aditif yang kurang pas. Sehingga, mengakibatkan ujung instalator berwarna kuning sedikit kecokelatan dan juga basah. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penyetelan ulang campuran bahan bakar serta bahan aditif.

  1. Busi Mati

Penyebab masalah ini dikarenakan busi yang sudah rusak akibat usia dan daya tahan yang sudah sangat jelek. Hal ini dikarenakan jika Anda tidak melakukan perawatan dan lalai dalam memeriksa setiap komponen pada mesin kendaraan Anda. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti dengan busi baru dan tidak lagi melupakan untuk melakukan perawatan secara lebih rutin lagi.

Beberapa cara mengenali dan mengatasi kerusakan busi yang telah dijelaskan di atas sebagai pengingat juga untuk Anda agar lebih rajin lagi merawat mesin kendaraan Anda agar tetap dalam keadaan yang prima.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *