Thursday, 19/7/2018 | 9:02 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mengatasi Kerusakan Engine Control Unit (ECU)

Cara Mengatasi Kerusakan Engine Control Unit

Otolibs.com – ECU atau Engine Control Unit adalah salah satu bagian utama yang terdapat pada mobil injeksi. Komponen ini bekerja untuk mengatur seluruh kinerja dari keseluruhan sistem pada mobil, hingga pada bagian mesin. Maka dari itu, jika ECU mengalami masalah, maka akan mengganggu kinerja dari mobil Anda. Untuk Anda, sebaiknya memang mengetahui cara mengatasi kerusakan Engine Control Unit (ECU).

Usia atau daya tahan dari Engine Control Unit ini memang sangatlah lama, bahkan ada yang memperhitungkan tahan hingga 10 tahun lamnaya. Namun, hal itu dapat terjadi jika Anda rutin melakukan perawatan. Apabila terjadi masalah pada ECU, berikut beberapa cara mengatasi kerusakan Engine Control Unit (ECU) yang bisa Anda ketahui dan lakukan:

  1. Pada langkah yang pertama, pada bagian ECU terdapat komponen bernama Elco. Ganti bagian Elco tersebut dengan kapasitas Elco yang sama dan tegangan yang sama.
  2. Selanjutnya, cek kembali pada seluruh bagian jalur pcb, pastikan pada bagian tersebut tidak mengalamai kerusakan akibat suhu udara dan juga cairan elektrolit yang berasal dari aki.
  3. Lakukan pengecekan ulang pada bagian kaki komponen elektronika yang terletak pada bagian sirkuit ECU, pastika bagian tersebut dalam kondisi yang masih bagus dan layak.
  4. Jika memang terdapat bagian-bagian pada ECU yang mengalami kerusakan, segera lakukan perbaikan sebelum memengaruhi bagian-bagian mobil yang lain.

Selain itu, untuk mengetahui apakah terdapat masalah pada ECU, cara yang bisa Anda lakukan cukuplah mudah. Anda bisa memperhatikan lampu indikator yang terdapat pada dashboard mobil Anda. Apabila lampu kuning tersebut segera mati ketika Anda menyalakan mesin mobil, keadaan itu menandakan ECU dalam keadaan normal. Sedangkan jika lampu kuning tersebut menyala untuk waktu yang cukup lama, hal itu mengindikasikan jika ECU dalam masalah atau sedang mengalami kerusakan.

Untuk dapat lebih memastikan lagi apakah memang telah terjadi sesuatu pada ECU mobil, Anda bisa segera membawanya ke bengkel dan jika terjadi masalah Anda bisa segera mengetahui solusi tepat untuk mengatasi kerusakan Engine Control Unit (ECU) mobil Anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *