Wednesday, 18/7/2018 | 4:23 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kenapa Kompetisi Teknisi Daihatsu Cuma Sebatas Lokal?

Kenapa Kompetisi Teknisi Daihatsu Cuma Sebatas Lokal

 

 

Otolibs.com – Belum lama ini Daihatsu Indonesia baru menghelat kompetisi untuk para teknisinya yang terdapat di seluruh Indonesia. Tapi sayangnya, ajang Daihatsu National Technical Skill Contest ini, berhenti cuma pada tingkat lokal saja tak sampai internasional.

Berbeda dengan pabrikan lain seperti Isuzu, Honda mobil dan sepeda motor, selanjutnya Kia yang jenjang kompetisinya sampai ke tingkat global. Perwakilan juara nasionalnya yang selanjutnya diutus untuk berlaga dengan negara-negara lainnnya.

Menanyakan mengenai hal itu, Amelia Tjandra Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor mengakui jika memang mereknya tak mempunyai ajang tersebut (global). Ia mengatakan alasannya, di mana produk Daihatsu berbeda setiap negaranya jadi belum terdapat satu standar yang baku.

“Karena Daihatsu sangat lokal (menyesuaikan dengan pasarnya), produk yang dibuat di Malaysia, Jepang, dan Indonesia sangat berbeda. Kami tidak bisa berkompetisi dengan negara lain karena produknya sangat berbeda,” ujar Amelia.

Amelia mengimbuhkan jika mau berbicara mengenai kualitas teknisi, kompetisi yang dilakukan mestifair, harus sama. Soalnya kalau produk yang dikompetisikan yang beredar di Malaysia, Sementara Indonesia dan Jepang kalah, dan begitu juga sebaliknya.

Amelia menuturkan, “Jadi sebelum ada produk yang dibilang global dan sama, kami tidak mau lakukan itu, tidak adil. Itu alasan mengapa kami tidak punya kontes internasional,”.

Perhelatan Daihatsu National Technical Skill Contest telah berlangsung sejak 1985, dengan total 28 kali penyelenggaraan. Sejak tahun 2006, kompetisi yang sebelumnya diadakan tiap tahun, saat ini jadi sekali selama dua tahun.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *