Thursday, 19/7/2018 | 9:17 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Macam-macam Kerusakan pada Kopling Mobil

Macam-macam Kerusakan pada Kopling Mobil

Otolibs.com – Kopling merupakan salah satu komponen penting yang terdapat ada kendaraan bermotor, salah satunya pada mobil. Khususnya untuk mobil dengan transmisi manual. Terdapat beberapa fungsi kopling pada mobil, yang menjadi fungsi utamanya adalah sebagai pemisah aliran powertain dari mesin ke transmisi. Permisahan ini terjadi ketika akan melakukan pemindahan roda gigi transmisi. Maka, akan sangat menggangu jika terjadi macam-macam kerusakan pada kopling mobil, meski hanya terjadi salah satu saja.

Kopling yang desain untuk memberikan kenyamanan dan memudahkan pengguna  saat menjalankan mobil, memang akan sangat terganggu jika terjadi masalah. Selain itu, juga bisa menggagu kinerja mobil Anda dan kenyamanan saat berkendara menjadi berkurang. Berikut macam-macam kerusakan pada kopling mobil yang bisa Anda ketahui:

  1. Kopling yang Kesulitan Masuk Gigi

Kerusakan ini bisa diakibatkan karena kopling yang belum terbebas sempurna ketika menginjak pedal kopling. Selain itu, kerusakan ini juga bisa ditimbulkan adanya udara pada sistem hidrolik jika mobil Anda menggunakan sistem kopling hidrolik.

  1. Kopling Blong

Timbulnya kerusakan ini pada mobil Anda bisa diakibatkan oleh kebocoran pada fluida sistem hidrolik atau terdapatnya udara di dalam sistem hidrolik. Kerusakan ini biasanya muncul dengan gejala-gejala seperti ketika pedal rem terasa empuk dan ringan saat diinjak .

  1. Munculnya Bau Sangit atau Terbakar pada Kopling

Kerusakan pada kopling yang satu ini bisa terjadi saat Anda mengendarai mobil pada daerah pegunungan atau jalanan yang naik – turun. Karena itu, maka pengguna mobil terlalu seirng menggunakan setengah kopling yang mengakibatkan pegas kopling tidak sepenuhnya mendorong kampas kopling. Sehingga kekuatan kopling menjadi lebih kecil dan selipnya flywheel dengan kampas kopling. Sebab itulah terjadi sebuah gesekan yang memanas dan menimbulkan bau sangit atau terbakar ketika Anda mengendari mobil.

Dari macam-macam kerusakan pada kopling mobil yang telah dijelasakan di atas, Anda dapat mengetahui jika terjadi masalah pada mobil Anda dan bisa segera mencari solusi untuk segera mengatasinya. Dan yang terpenting, Anda harus rutin melakukan perawatan dan memeriksa setiap komponen yang terdapat pada mobil Anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *