Wednesday, 18/7/2018 | 4:42 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Memperbaiki Transmisi yang Selip

Cara Memperbaiki Transmisi yang Selip

Otolibs.com – Pada mobil terdapat transmisi yang berperan sebagai penentu dari gerakan sebuah mobil. Transmisi sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu transmisi manual dan juga ada transmisi otomatis. Transmisi ini ada susunan gigi – gigi yang hanya akan bergerak jika pengemudi mobil menggerakkan tongkat penggerak transmisi. Terdapat beberapa masalah yang sering terjadi pada transmisi yang dapat memengaruhi kecepatan mobil, salah satunya adalah transmisi selip yang bisa berbahaya. Untuk itu, Anda harus tahu cara memperbaiki transmisi yang selip.

Transmisi yang selip bisa dikarenakan beberapa hal, seperti akibat jumlah oli transmisi yang tidak mencukupi, kebocoran oli transmisi, oli transmisi yang terbakar atau sudah tidak layak pakai karena sudah terlalu lama, kopling yang bermasalah, hingga juga bisa dikarenakan oleh gigi –gigi transmisi yang sudah aus. Untuk mengatasi masalah – masalah tersebut, berikut cara memperbaiki transmisi yang selip yang bisa Anda lakukan:

  1. Memerikasa Jumlah Oli pada Transmisi

Cara ini bisa Anda lakukan jika penyebab dari transmisi yang selip adalah karena jumlah oli transmisi yang sudah tidak memadai. Karena jika oli transmisi jumlahnya kurang, bisa mengurangi pompa transmisi dan tidak bisa mencapai tekanan yang diperlukan.

  1. Memperbaiki Kebocoran Oli Transmisi

Jika transmisi mobil Anda selip karena oli transmisi yang bocor, Anda bisa melakukan perbaikan dengan membawa mobil Anda ke bengkel. Karena jika tidak, transmisi yang selip ini bisa menimbulkan bahaya yang tidak diinginkan ketika Anda sendang berkendara.

  1. Ganti Oli Transmisi

Transmisi yang selip bisa dikarenakan oli transmisi yang terbakar atau oli yang sudah tidak layak lagi. Dengan begitu, Anda diharuskan untuk segera mengganti oli transmisi mobil Anda agar tidak lagi selip.

  1. Mengganti Gigi – gigi yang Rusak atau Menggantinya dengan Transmisi yang Baru

Kalau transimis yang selip akibat gigi – gigi transmisi yang sudah aus, Anda perlu mengganti gigi-gigi transmisi dengan yang baru atau bisa juga dengan mengganti transmisi dengan yang baru dan pastikan juga kualitasnya bagus.

Cara memperbaiki transmisi yang selip ini harus Anda lakukan, sebab transmisi yang selip bisa berdampak bahaya pada pengguna mobil.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *