Thursday, 19/7/2018 | 9:04 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mengatasi Masalah Mobil Mengeluarkan Asap Hitam

Cara Mengatasi Masalah Mobil Mengeluarkan Asap Hitam

Otolibs.com – Memang mobil – mobil pada zaman sekarang sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat dan lebih ramah lingkungan. Dengan tidak lagi mengeluarkan asap hitam pekat. Asap ini sendiri sebagai hasil pembuangan dari mesin mobil yang sedang beroperasi. Asap dikeluarkan dari lubang yang dinamakan knalpot. Meski begitu, jika terjadi suatu masalah pada mesin mobil bisa mengakibatkan hasil akhir ini mengeluarkan asap hitam. Sebaiknya Anda mengetahui cara mengatasi masalah mobil mengeluarkan asap hitam.

Ada beberapa penyebab dari masalah yang terjadi hingga mengakibatkan mobil mengeluarkan asap hitam. Seperti karena bahan bakar yang terlalu berlebihan, filter untuk penyaringan asap yang sudah kotor dan sudah tidak layak pakai, serta karena tempat penyimpanan bahan bakar yang dalam keadaan kotor. Ada beberapa cara mengatasi masalah mobil mengeluarkan asp hitam, berikut ini cara yang bisa dilakukan:

  1. Anda harus membersihkan ruang silinder pada mobil, yang terkadang dalam keadaan kotor karena sisa kelebihan bahan bakar. Cara ini bisa dilakukan dengan membawa mobil Anda ke bengkel.
  2. Anda harus mengganti oli mobil dengan rutin, dan jangan sampai terlambat menggantinya. Paling tidak dalam jangka waktu sebulan sekali, Anda bisa mengganti oli mobil apalagi untuk mobil yang sering dipakai bepergian jauh.
  3. Rawatlah mobil Anda dengan rutin untuk menjaga keadaan mesin mobil Anda tetap dalam keadaan prima. Dan tentu saja agar mesin mobil Anda lebih awet dan tidak lagi mengeluarkan asap hitam.

Selain ada asap hitam, mobil juga bisa mengeluarkan asap berwarna putih maupun biru. Hal tersebut mengindikasikan beberapa masalah yang terjadi pada mobil Anda. Seperti asap putih dikarenakan adanya kebocoran bahan bakar yang masuk pada silinder dan asap biru karena kebocoran oli yang bercampur dengan bahan bakar.

Beberapa cara mengatasi  mobil mengeluarkan asap hitam tersebut bisa dilakukan, agar mobil Anda tetap dalam keadaan baik dan ramah lingkungan, dengan tidak mengeluarkan asap hitam, yang tentunya dapat menggangu pengguna jalan lain. Apalagi asap hitam sangat berbahaya bagi sistem pernapasan makhluk hidup.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *