Wednesday, 18/7/2018 | 8:21 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mengatasi Mobil yang Terendam Banjir

Cara Mengatasi Mobil yang Terendam Banjir

Otolibs.com – Kalau sudah memasuki musim penghujan, jika di Indonesia tejadi pada bulan – bulan di penghujung tahun, pastilah hal yang tidak bisa dihindari adalah musibah banjir. Apalagi untuk kawasan yang sudah langganan banjir. Dampak yang diakibatkan dari banjir itu ada banyak, salah satunya bisa membuat kendaraan Anda mengalami masalah, khususnya untuk mobil. Untuk itu, sebaiknya Anda mengetahui cara mengatasi mobil yang terendam banjir.

Banjir bisa mengakibatkan gangguan pada mesin mobil, apalagi untuk mobil – mobil keluaran terbaru yang dibuat dengan fitur –fitur yang serba otomatis.  Bahkan, jika kerusakan yang diakibatkan oleh banjir terlalu seirus, bukan tidak mungkin jika Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk memperbaikinya. Meski begitu, ada beberapa cara mengatasi mobil yang terendam banjir agar masalah – masalah yang tak diinginkan tidak terjadi:

  1. Melepas Kabel Aki Ketika Banjir

Lakukan hal ini dengan segera saat mobil Anda terendam banjir, karena jika tidak, bisa mengakibatkan konsleting atau hubungan arus pendek listrik pada mesin mobil. Dan agar komponen elektronik yang ada pada mobil juga tidak rusak.

  1. Jangan Menyalakan Mobil.

Ketika dalam kondisi terendam banjir, sebaiknya Anda tidak menyalakan mesin mobil dan juga jangan membiarkan mobil terus terendam. Lakukan cara yang bisa mengatasi mobil saat terndam banjir seperti dengan mengamankannya di tempat yang tidak terendam dengan mendorongnya. Mintalah bantuan pada banyak orang.

  1. Menonaktifkan Rem Tangan

Sebelum banjir meninggi, segera lakukan tindakan dengan menonaktifkan rem tangan pada mobil Anda. hal tersebut dilakukan agar kanpas rem tidak lengket. Sebagai gantinya, ganjallah mobil menggunakan batu pada bagian roda. Agar mobil juga tidak terseret arus banjir.

  1. Membersihkan Tangki Bensin

Hal ini dilakukan agar bensin yang ada di dalam mobil tidak tercampur dengan air. Karena jika hal ini dibiarkan, air yang ada dalam tangki bensin berisiko membuat bagian dalam tangki bensin berkarat.

  1. Keringkan Komponen Penting dalam Mobil

Komponen –komponen tersebut yang perlu dikeringkan adalah komponen pengapian seperti karburator, saringan udara, koil, altenator, delco dan kabel – kabel yang rawan rusak.

Setelah Anda melakukan cara mengatasi mobil yang terendam banjir pada penjelasan di atas, jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan apakah mobil Anda masih berfungsi dengan normal atau harus dilakukan perbaikan dengan segera.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *