Monday, 23/4/2018 | 11:28 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Deteksi Kerusakan Transmisi Matic Mobil

Cara Deteksi Kerusakan Transmisi Matic Mobil

Otolibs.com – Kinerja mobil ditentukan oleh komponen – komponen yang tersusun di dalamnya. Salah satu komponennya yaitu transmisi. Transmisi sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu transmisi manual dan matic. Yang akan dibahas kali ini adalah transmisi matic. Apabila transmisi matic ini mengalami masalah atau kerusakan, Anda juga bisa mengetahuinya dengan memahami cara deteksi kerusakan transmisi matik mobil Anda.

Mobil matic yang memang menggunakan transmisi matic ini memang lebih mudah digunakan karena tidak adanya kopling. Namun, perlu Anda ketahui jika sistem kerja transmisi matic pada mobil matic lebih rumit dan kompleks jika dibandingkan dengan mobil manual. Apabila terjadi kesalahan, maka Anda harus mengeluarkan budget yang lumayan karena biaya perbaikannya yang tidak murah. Maka dari itu, sebaiknya Anda perhatikan penjelasan berikut ini mengenai cara deteksi kerusakan transmisi matic mobil agar kerusakan yang tak diinginkan tidak timbul:

  1. Getaran yang Timbul Saat Mobil Berjalan

Meski tidak memiliki pedal kopling, bukan berarti pada mobil matic tidak terdapat fungsi kopling. Jika terjadi masalah yang diakibatkan oleh pergantian gigi karena kondisi kampas yang telah rusak ataupun gosong, segeralah lakukan perbaikan dengan membawa mobil ke bengkel.

  1. Tarikan Mobil yang Mengentak dan Terasa Berat

Kerusakan ini adalah yang sering terjadi dikarenakan oleh oli yang bocor, atau bisa juga karena oli yang sudah tidak layak dan kotor. Anda bida mengatasinya dengan  melihatnya melalui monitor scanner.

  1. Transmisi yang Stuck di Gigi Teratas

Jika Anda merasakan gejala kerusakan transmisi yang satu ini, bisa jadi dikarenakan fitur TCM pada transmisi mendeteksi kerusakan pada sensor. Jika terjadi hal demikian pada mobil Anda, segeralah membawa mobil Anda ke bengkel resmi.

  1. Mobil yang Tidak Dapat Mundur

Untuk mendeteksi kerusakan transmisi matic pada mobil Anda dengan mudah adalah, dengan mengetahui apakah mobil bisa mundur atau tidak. Jika tidak, itu artinya transmisi mengalami kerusakan karena komponen mekanikal dan elektrik mengalami masalah.

Dengan mengetahui cara deteksi kerusakan transmisi matic mobil, Anda juga bisa lebih mudah memahami sesuatu jika terjadi sesuatu yang tidak nyaman saat berkendara dengan mobil Anda. Dengan begitu, Anda juga bisa segera melakukan tindakan untuk memperbaikinya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *