Thursday, 19/4/2018 | 1:19 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Mazda Masih Belum Rencanakan Produksi Mobilnya di RI

Mazda Masih Belum Rencanakan Produksi Mobilnya di RI

 

 

Otolibs.com  – Mazda sudah dipercaya oleh beberapa orang jadi mobil Jepang dengan teknologi maju dan harga yang wajar. Peminatnya di Indonesia pun cukup berkembang terlebih pada tahun 2017 kemarin. Walaupun seperti itu, Mazda masih belum berencana untuk melakukan lokalisasi beberapa mereknya.

Hal itu bukanlah tanpa alasan. Kalau syarat dari Mazda Indonesia terpenuhi, roda empat itu menjanjikan bakal membangun pabrik di Indonesia sehingga harganya akan lebih terjangkau.

“Ada hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum membuat pabrik di dalam negeri yakni penjualan yang menembus 15 ribuan,” ucap Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur Eurokars Motor Indonesia, di Jakarta.

“Kita belum tahu itu kapan tercapainya tapi kalau penjualan makin bagus, ya makin cepat. Namun bila melihat roadmap kita rasanya tidak sampai 10 tahun,” katanya lagi.

Selain itu, juga memaparkan pihaknya tengah mempertimbangkan kebijakan pemerintah untuk bisa memperkuat penjualan dan pembuatan mobil rendah emisi.

“Kita juga mempertimbangkan dan menunggu kebijakan pemerintah yang katanya nanti akan memperkuat mobil bersih. Kita tidak terlalu buru-buru juga untuk membuat perakitan disini. Takutnya ada perubahan kebijakan, kan kita harus menyesuaikan,” ungkapnya.

“Ya, bisa jadi nanti Mazda akan melakukan perakitan mobil hybrid disini. Karena kalau berbicara hybrid, Mazda cukup bagus dalam pengembangannya. Jadi kita tunggu saja,” lanjut Roy.

Kalau membandingkan penjualan mobil Mazda di ASEAN sendiri, Indonesia berada diperingkat ketiga dibawah Thailand dan Singapura ataupun Malaysia. Dengan memutuskan lokalisasi, Indonesia kemungkinkan bakal jadi basis di ASEAN.

“Kalau saya lihat, kita ada dinomor ke-3 karena paling banyak itu di Thailand. Kedua itu di Singapura atau Malaysia, saya lupa. Tapi bisa jadi mobil Mazda konvensional menjadi basis di ASEAN (ketika sudah membuat pabrik didalam negeri-Red),” tutup Roy.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *