Tuesday, 17/7/2018 | 9:09 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Daftar 5 Penyebab Kerusakan Radiator Mobil

Daftar 5 Penyebab Kerusakan Radiator Mobil

Otolibs.com – Radiator atau alat pendingin mesin, menjadi salah satu komponen penting di dalam mesin kendaraan bermotor, motor ataupun mobil. Sesuai dengan namanya, Radiator ini berfungsi sebagai alat pendingin pada mesin kendaraan. Peranan Radiator mobil ini sangat penting, karena untuk menjaga kestabilan suhu pada mesin. Maka jika terjadi sesuatu hal yang tidak beres, seperti kerusakan pada Radiator, perlu diketahui penyebabnya. Seperti harus tahu 5 penyebab kerusakan Radiator mobil

Jika Radiator mengalami kerusakan, otomatis kinerja mesin mobil juga ikut terganggu. Sebab, setiap digunakan, mesin mobil pasti menghasilkan suhu panas dan hal itu perlu ditangani dengan alat pendingin yaitu Radiator. Untuk menghindari agar tidak mengalami masalah pada Radiator mobil Anda, Anda perlu tahu 5 penyebab keruasakan Radiator mobil. Dan inilah pembahasan lengkapnya:

  1. Radiator Bocor Karena Faktor Usia

Terjadinya kebocoran pada Radiator ini, paling umum dikarenakan faktor usia.  Jika begitu, daya tahan Radiator terhadap panas mesin mobil sudah pasti berkurang. Sehingga, jika dibiarkan terus hingga berlarut-larut, maka hal ini menyebabkan keretakan dan kebocoran pada Radiator.

  1. Air Radiator Bercampur dengan Oli

Penyebab yang selanjutnya  karena air di dalam Radiator bercampur dengan oli. Biasanya ini terjadi karena saat Anda memeriksa air Radiator dengan terlebih dahulu membuka tutupnya, tanpa disengaja oli masuk ke dalam Radiator.

  1. Kualitas Radiator di Bawah Standar

Jika mobil Anda memakai Radiator dengan kualitas yang kurang bagus, ini bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan pada Radiator. Untuk itu, sebaiknya dalam memilih Radiator perhatikan kualitasnya dengan teliti.

  1. Radiator Terkena Benda Asing

Radiator yang terkena benda asing seperti kerikil yang bisa masuk dan mengenai dinding Radiator, akan mengalami kebocoran dan kerusakan.

  1. Tersumbatnya Saluran Output

Di dalan Radiator terdapat saluran output, yang apabila tersumbat oleh debu atau kotoran karena tidak rutin dibersihkan, bisa menyebabkan kerusakan pada Radiator mobil Anda.

Dari 5 penyebab kerusakan Radiator mobil yang telah dijelaskan di atas, apakah ada salah satu di antaranya yang pernah Anda alami? Kalau memang iya, segera lakukan sesuatu untuk mengatasinya atau untuk mencegah agar tidak terjadi kerusakan pada Radiator mobil Anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *