Tuesday, 17/7/2018 | 8:47 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mengatasi Busi Tidak Bekerja Maksimal

Cara Mengatasi Busi Tidak Bekerja Maksimal

Otolibs.com – Di dalam mesin kendaraan bermotor, banyak sistem komponen di dalamnya yang mendukung kinerja mesin. Salah satunya adalah busi. Busi ini berfunsi sebagai komponen pengapian yang memercikkan bunga api listrik yang nantinya akan memicu pembakaran di blok silinder sehingga menghasilkan tenaga pada mesin. Busi ini bisa mengalami masalah yang dapat mengganggu kinerjanya. Meski begitu, terdapat cara mengatasi busi tidak bekerja maksimal.

Banyak yang menjadi penyebab kenapa busi bekerja tidak maksimal, seperti kebocoran kompresi mesin dan pemasangan busi yang tidak tepat. selain itu, jika Anda tidak rutin memeriksa atau melakukan perawatan berkala pada mesin kendaraan Anda, juga bisa mengakibatkan kinerja busi tidak maksimal karena tidak diketahui bagaimana kondisinya. Jika busi pada mesin kendaraan Anda tidak bekerja dengan makasimal, sebaiknya perhatikan penjelasan tentang cara mengatasi busi tidak bekerja maksimal berikut ini:

  1. Lakukan Pembersihan Busi

Ini adalah cara sederhana yang sering kali dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor. Karena jika busi dalam keadaan kotor juga bisa mengakibatkan kinerjanya tidak maksimal. Untuk itu, membersihkannya adalah salah satu cara yang paling mudah.

  1. Pecahkan Keramik Pemantik Busi

Pada bagian ujung busi terdapat keramik pemantik yang dapat dipecahkan menggunakan alat yang kerasa seperti obeng misalnya. Pemecahan ini dilakukan agar busi bisa bekerja dengan maksimal. Dan pastikan juga, busi dalam keadaan bersih dari pecahan keramik.

  1. Bakar Bagian Elektroda

Pembakaran elektroda pada busi ini dimaksudkan jika kinerja busi terganggu karena elektroda dalam keadan yang basah karena terkena oli atau yang lainnya. Setelah pembakaran dan elektroda kembali kering, busi bisa bekerja dengan maksimal.

  1. Pasang Busi dengan Tepat dan Benar

Busi yang dipasang dengan kurang tepat juga bisa menjadi kendala untuk kinerjanya yang maksimal. Selain itu, pemasangan busi yang tidak tepat juga dapat menyebabkan busi mudah mati.

Itulah beberapa cara mengatasi busi tidak bekerja maksimal yang bisa Anda lakukan. Agar busi dalam keadaan yang baik, sebaiknya Anda selalu melakukan pemeriksaan pada mesin kendaraan Anda secara rutin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *