Saturday, 21/4/2018 | 1:15 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Inilah Dampak Ganti Pelek Toyota Agya

Inilah Dampak Ganti Pelek Toyota Agya

Otolibs.com РModifikasi ringan yang biasa dilakukan oleh para pengguna mobil yakni  mengganti pelek bawaan pabrik dengan produk aftermarket, yang dapat dipilih sesuai dengan selera pemilik kendaraan.

Salah satunya seperti Toyota Agya. Mobil itu dapat bermain lebih garang dan sporty dengan ubahan pelek sedikit lebih besar dibandingkan bawaan pabrikan yang berukuran 14 inci.

“Stabdarnya itu kan 14 inci, kalau naik ke 15 inci masih oke dengan suspensi yang standar. Tapi kalau naik ke ukuran 16 atau 17 inci, pasti sudah banyak penyesuaian. Ganti shock segala macam,” kata Ketua Umum Toyota Agya Club, M Lukman Hakim di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Mengganti pelek dengan ukuran yang lebih besar tentu bakal memunculkan masalah lainnya. Semakin besar dengan ukuran pelek, oleh sebab itu energi yang diperlukan untuk melaju juga makin besar, sehingga mempengaruhi efisiensi bahan bakar.

“Pelek sebetulnya untuk gaya, semakin besar pelek berarti diameter lebih besar. Otomatis, tenaga yang dibutuhkan mesin untuk menggerakkan mobil lebih berat. Pengaruhnya ya ke efisiensi bahan bakar,” ujarnya.

Pada dasarnya, ucap dia, modifikasi biasa dilakukan dalam dunia otomotif. Tapi, pengguna yang juga harus memikirkan tentang keamanan, kenyamanan dan keselamatan. Jangan sampai, hal itu malah membuat pengguna lainnya rugi.

“Namanya modifikasi pasti ada efeknya, karena belum tentu sama dengan bawaan pabrik. Perubahan pelek, peleknya naik, bannya lebih tipis, itu pasti mengurangi kenyamanan,” tuturnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *