Saturday, 21/4/2018 | 1:16 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Sekaligus Solusi Putaran Mesin Agya Naik Turun

Penyebab Sekaligus Solusi Putaran Mesin Agya Naik Turun

 

 

Otolibs.com – Toyota Agya jadi salah satu mobil lima terlaris pada segmen low cost green car atau mobil murah ramah lingkungan. Menurut data Gabungan dari Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, mobil itu telah terjual  sebanyak 29.004 unit di 2017.

Walau jadi salah satu deretan lima mobil murah terlaris, Toyota Agya juga mempunyai masalah yang sama seperti dengan mobil pada umumnya. Terlebih kalau pemilik tidak melakukan perawatan secara rutin.

“Kadang dari kita sendiri lupa untuk servis berkala. Padahal sudah waktunya. Agar enggak ada masalah, ya harus diservis berkala,” kata anggota Toyota Agya Club Chapter Bekasi.

kalau pengguna lalai untuk dalam lakukan perawatan berkala, maka pada mobil murah itu bakal timbul sejumlah masalah. Salah satunya yakni putaran mesin yang tidak stabil.

Putaran mesin yang tak stabil dapat mengindikasikan adanya gangguan pada air induction system atau sistem pemasok udara ke mesin. Yang tentunya beresiko sulit untuk kendalikan laju kendaraan di putaran rendah.

“Air intake atau saringan udaranya harus dibersihkan. Semua mobil begitu, kalau enggak rutin dibersihkan akan ada tumpuk kotoran di air intake. Akibatnya, menyendat asupan udara. Kalau enggak dibersihkan, putaran mesin naik turun,” tuturnya.

Ia menganjurkan, setiap melakukan ganti oli saringan udara juga mesti rutin untuk dibersihkan. Paling tidak setiap dua atau tiga bulan sekali, atau jika mobil telah berjarak 2.000-3.000 kilometer.

“Servis sekalian ganti oli paling enggak. Kalau di komunitas, saat ‘kopi darat’ ada teknisi pakai cleaner membersihkan karburator, sehingga tidak mengganggu,” kata dia.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *