Tuesday, 17/7/2018 | 9:18 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ini Penyebab Suzuki Belum Berani Produksi Ignis di Indonesia

Ini Penyebab Suzuki Belum Berani Produksi Ignis di Indonesia

 

 

Otolibs.com – Kemunculan Suzuki Ignis di Indonesia dapat dikatakan sukses. Tapi hal tersebut tak serta merta menjadikan PT Suzuki Indomobil Sales sebagai agen resmi mobil Suzuki di Tanah Air langsung mempunyai niatan untuk melokalkannya. SIS masih bakal mengimpornya secara utuh (CBU) mobil mungil ini dari India.

Lalu apa yang jadi ganjalan Suzuki untuk memproduksi city car yang satu ini di Tanah Air? Sebelumnya padahal, Suzuki juga telah memproduksi Ertiga di Indonesia walau pada awalnya mobil keluarga ini juga berstatus CBU dari India.

PT Suzuki Indomobil Motor, R Uchiki GM Planning Dept menuturkan, Suzuki masih menilai  pasar city car di Indonesia masihlah terlalu rentan. Dengan kata lain masih beresiko untuk memproduksi Ignis secara lokal.

“Segmennya tidak besar jadi kalau kita investasi besar untuk produksi Ignis di Indonesia ada beberapa risiko. Jadi kita tetap putuskan impor Ignis dari India (sampai saat ini) meskipun penjualan Ignis sangat bagus,” ujarnya di Cikarang.

Baginya, walau terdapat ruang untuk produksi model baru di Cikarang, tapi investasi yang diperlukan masih tetaplah besar. Ia mengatakan, kalaupun sudah ada fasilitas di pabrik dan banyak part yang sama dengan mobil lain Suzuki pasti dapat lebih gampang dan lebih murah, namun sejumlah komponen Ignis itu berbeda.

“Kalau tidak harus tambah fasilitas baru, harus menyiapkan part baru dan itu agak susah. Dan jika ingin produksi lokal, salah satu syaratnya setiap bulan 1.000 unit (penjualan) bisa atau tidak. Dan untuk produksi model baru itu butuh dua atau tiga tahun, tidak bisa segera. Ini sedang proses agar bisa produksi Ignis sendiri, kami serius untuk pikir posibilitasnya,” ucapnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *