Monday, 23/4/2018 | 11:24 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Inilah Penyebab “Kick Starter” Jadi Keras

Inilah Penyebab Kick Starter Jadi Keras

 

 

 

Otolibs.com – Walau hampir setiap sepeda motor matik masa kini telah dikompliti dengan “electric starter”, ada suatu waktu di mana pengendara bakal tetap memakai kick starter. Contohnya ketika motor bakal dihidupkan dalam kondisi mesin dingin, atau ketika aki habis.

Kalau jarang dipakai, kick starter tak jarang akan macet. Hal ini telah ditandai dengan kerasnya pedal sehingga tak dapat diengkol. Kalau temukan kondisi seperti ini, pengendara sebaiknya rak memaksa untuk memakainya.

Kepala Bengkel AHASS Murni Pura Mas Depok Memet Saputra menuturkan terdapat beberapa penyebab kenapa kick starter. Yang pertama yakni adanya kotoran atau debu yang menempel pada bagian perangkat kick starter itu. Penyebab lainnya yakni komponen yang aus karena kekurangan pelumas.

“Masalah timbul karena pemilik jarang servis berkala sehingga perawatan pada kick starter jarang dilakukan,” kata Memet .

Guna mengatasi kondisi itu, Memet menyarankan kepada pengendara supaya langsung hadir ke bengkel. supaya nantinya mekanik yang membuka blok mesin untuk membersihkan serta melumasi perangkat kick starter. Untuk pencegahan, Memet menyarankan kepada pengguna motor matic untuk sesekali memakai kick starter bergantian dengan electric starter.

“Paling bagus kick starter sebaiknya digunakan setiap pagi hari sebelum beraktivitas. Karena saat itu mesin motor masih dalam kondisi dingin,” ucap Memet.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *