Friday, 20/7/2018 | 6:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Haram Hukumnya Menikung Pake Rem Tangan

Haram Hukumnya Menikung Pake Rem Tangan

 

 

Otolibs.com – Di sepeda motor, terdapat dua titik pengereman yakni di roda depan dan juga di roda belakang. Walau sama-sama berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan, namun beda peruntukannya.

Instruktur keselamatan berkendara dari Rifat Drive Labs, Ali Wijaya menuturkan rem depan  cuma dipakai ketika motor melaju lurus & kecepatan di atas 30 km/jam.

“Saat belok, enggak boleh pakai rem depan. Karena untuk mekanisme kerjanya sendiri, rem depan mempunyai sifat membuat motor makin rebah. Banyak yang salah kaprah,” kata Ali di Jakarta.

Dirinya menekankan pengendara disarankan cukup memakai dua jari ketika melakukan pengereman. Caranya untuk memposisikan jari telunjuk dan tengah pada tuas rem.

“Kalau empat jari terlalu kuat makanya hanya menggunakan dua jari. Dua jari ini mewakili otot kita masing-masing, dua ini adalah otot bisep,” ujarnya.

Bagi dirinya yang paling penting adalah ketila melakukan pengereman, pengendara mesti berada pada kondisi benar-benar sadar. Hal ini supaya pengendara bisa mengantisipasi situasi yang bakal terjadi.

“Saat mengerem, yang penting itu sadar dulu. Sadar akan sesuatu yang ada di depan, jadi kita bisa menjaga jarak amannya,” ucapnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *