Wednesday, 18/7/2018 | 8:24 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Begini Teknik Engine Brake Yang Benar, Tanpa Harus Merusak Mesin

Begini Teknik Engine Brake Yang Benar, Tanpa Harus Merusak Mesin

 

Otolibs.com – Engine Brake adalah suatu teknik dimana mesin juga dapat turut serta membantu mengurangi kecepatan mobil. Teknik ini biasanya dilakuan dengan cara mengendurkan gas sembari menurunkan gigi tinggi langsung ke gigi rendah untuk mobil manual, atau memindah ke level transmisi dari D ke 2 untuk mobil matik.

Engine brake biasa dilakukan ketika situasi darurat saat pengereman konvensional tak cukup membantu menghentikan laju kendaraan kita. Kondisi lainnya adalah ketika turunan curam.

Dengan seperti itu, teknik engine brake mesti dilakukan dengan betul. Karena kalau dilakukan dengan salah justru dapat merusak mesin mobil.

Norman Syam sebagai Trainer dari Indonesia Safety Driving Center menuturkan, cara engine brake yangsalah adalah ketika pengemudi tetap menginjak gas pada putaran yang tinggi, tapi di lain sisi transmisi telah berada pada putaran rendah. Karena hal tersebut, Norman menyarankan pengemudi untuk tak memandang radius per meter yang tertera di takometer.

“Jadi pada saat engine brake kita harus melihat takometer RPM-ya berapa. Sehingga jangan sampai pada saat mau berhenti di gigi rendah, RPM malah tinggi. Itu bisa merusak mobil,” kata Norman.

Bagi Norman, cara melakukan engine brake yang tepat yakni dengan mengendurkan gas dan menurunkan gigi transmisi ke posisi yang rendah secara pelan-pelan. Contohnya dari 4 ke 3, tapi tanpa kembali digas. Sepanjang tetap  tenang dan tentunya tak panik, pengemudi dipercayai bisa lakukan teknik engine brake dengan tepat.

“Jadi engine brake dapat membantu proses pengereman hingga 50 persen. Tapi tentunya harus dilakukan dengan benar,” ujar Norman.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *