Sunday, 23/9/2018 | 9:31 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Komunitas Canangkan Solo Menjadi Kota Otomotif

Komunitas Canangkan Solo Mencadi Kota Otomotif

 

 

Otolibs.com – Komunitas otomotif Indonesia Satu bakal mencanangkan Solo jadi kota otomotif.  Pencanangan dilakukan bersama dengan Kota Surakarta dan Polresta Surakarta.

Pencanangan bakal dilangsungkan besok, Sabtu, 10 Maret 2018 di Gelora Manahan Solo. Acara itu akan diramaikan oleh 1.000 motor, 1.000 mobil dan 5.000 peserta.

Ketua panitia acara, Herman Jambo Jay, menuturkan penanganan Solo Kota Otomotif tak lepas dari sejarah otomotif di Kota Bengawan. Salah satu sejarahnya yaitu pemilik mobil pertama di Indonesia adalah raja di Surakarta.

“Pemilik mobil pertama di Indonesia adalah Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Pakubuwono X. Dan di zaman sekarang banyak muncul klub-klub otomotif di Solo,” ujar Herman pada jumpa pers di Solo.

Pada perkembangannya, tambahnya, Solo pun banyak melahirkan atlet balap tingkat dunia. Sebut saja Rio Haryanto yang sudah mengaspal di balapan F1.

“Ada juga Keanon Santoso yang berkompetisi di F4 Asia Tenggara. Itu juga dari Solo,” kata dia.

Presiden Komunitas Indonesia Satu, Heru S Notonegoro, menuturkan sebagai wadah besar komunitas-komunitas otomotif di Indonesia,  menuturkan acara itu dihelat jadilangkah untuk memajukan dunia otomotif nusantara.

“Saya kira Solo kota pertama yang berani mencanangkan sebagai kota otomotif. Ini kampanye, mungkin nantinya bisa diikuti kota lain, Yogyakarta, Bandung, Medan, dan lainnya,” kata Heru.

Selepas Solo dicanangkan jadi kota otomotif, komunitas yang berdiri di bulan Oktober 2017 tersebut telah menyediakan community park jadi pusat  berkumpulnya pecinta otomotif Solo.

“Selama ini hanya di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Selain dari pemerintah, kita harapkan pencanangan ini ‘memaksa’ investor juga membangun community park,” tutupnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *