Tuesday, 19/6/2018 | 8:45 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Nissan: Ini Dia Penyebab Mobil Bertransmisi CVT Terasa Ngeden

Nissan Ini Dia Penyebab Mobil Bertransmisi CVT Terasa Ngeden

 

 

Otolibs.com – Walau lebih smooth untuk dikendarai, mobil dengan transmisi otomatis fengan sistem continuously variable transmission sering dinilai ngeden ketika diajak ngebut.

Hal ini juga diakui kalau  Nissan yang rata-rata telah memakai CVT. Contohnya pada Datsun Cross  yang baru dirilis. Tapi Nissan mempunyai alasan, mobil CVT lebih irit bensinnya.

“Internal data kita ada (soal efisiensi BBM mobil) tapi mungkin kalau disampaikan agak bingung karena metode pengetesannya rada berbeda. Saya belum bisa sampaikan,” papar Manager RnD PT Nissan Motor Indonesia Anton Khristanto terkait komparasi bahan bakar Datsun Cross pada wartawan yang ada di daerah Karawang, Jawa Barat, Kamis (8/3/2018).

“Kalau angka persennya (pengoperasian normal), sekali lagi mungkin belum bisa disampaikan. Tapi dari CVT itu sendiri sebenarnya kan teknologinya dia rasionya lebar dan mampu menyesuaikan di kondisi RPM yang paling efisien sesuai dengan pengoperasian pedal gas. Jadi, sebenarnya kalau dicoba high speed, high speed engine RPM-nya terjaga di posisi rendah. Inilah salah satu kelebihan CVT. Karena, ketika engine RPM nya rendah otomatis kan konsumsi bahan bakarnya jadi efisien juga,” lanjutnya.

Maka, saat kendaraan langsung digas dari keadaan berhenti, mobil akan terasa agak ngeden. Sebab mesin menahan RPM supaya tetap pada kondisi terendah.

“Iya, dia naik sebentar terus balik lagi ke rendah. Karena kan sistem CVT itu akan terus mengembang. Ketika di posisi high gear ratio itu RPM-nya akan balik lagi, turun. Dia menjaga agar tetap di posisi situ,” papar Anton.

Maka, untuk para otolovers yang menyukai kecepatan ada baiknya untuk memacu kendaraan berteknologi CVT ketika kendaraan masih berjalan. Tertahannyatenaga tak cukup terasa dengan metode seperti ini.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *