Tuesday, 19/6/2018 | 8:45 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Jangan Sampai Lengah Di Jalan Tol, Kalau Tak Mau Nyawa Melayang!

Jangan Sampai Lengah Di Jalan Tol, Kalau Tak Mau Nyawa Melayang!

 

 

Otolibs.com – Konsentrasi memang amat diperlukan ketikatengah mengemudi. Terlebih ketika tengah mengemudi di jalan tol. Karena tol nerupakan jalan bebas hambatan, maka sering kali orang memacu mobil dengan kecepatan tinggi. Kalau saja kita sampai lengah atau kehilangan konsentrasi nyawa bisa jadi taruhannya.

Pendiri dari Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengimbau supaya pengendara selalu konsentrasi saat memacu kendaraannya khususnya saat di jalan tol. Bahwa, ketika kecepatan 60 km/jam, hilang konsentrasi ketika berkendara satu detik saja mobil sudah keluar jalur.

“Patut diketahui, ketika kita berada dikecepatan 80 km/jam, itu tiap satu detiknya mobil melaju 22 meter. Sedangkan 100 km/jam, itu 27 sampai 28 meter per detik. Maka, ketika kehilangan konsentrasi satu detik saja entah karena teleponon, asap rokok, dengar radio, dan lain sebagainya, mobil sudah meluncur kurang lebih 8 meter (saat 100 km/jam kecepatannya),” kata Justri.

“Sedangkan kalau kecepatan mobil di 60 km/jam, itu kemungkinan mobil keluar jalur ketika dia kurang berkonsentrasi dan tiba-tiba ada halangan didepannya,” lanjutnya.

Mengenai peristiwa yang menimpa komunitas Lamborghini, Dirinya memperkirakan pasti ada satu pengendara yang tidak berkonsentrasi. Sehingga ia akan menurunkan kecepatannya secara signifikan dan tiba-tiba.

“Perlu diingat, ketika kita dijalan bebas hambatan atau tol, bukannya kita lebih aman tapi jauh lebih berbahaya. Karena semua kecepatan kendaraan disana itu tinggi sekali, sedangkan kalau dijalan biasa kan kebanyakan kondisi stop and go. Sehingga kejadian kecelakaan beruntun memang lebih rentan terjadi di tol,” pungkasnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *