Friday, 20/4/2018 | 8:56 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Secret! Mobkas Bung Karno Ini, Ternyata Pemberian John F. Kennedy

John F. Kennedy

 

 

Otolibs.com – Mobil dinas terakhir Bung Karno saat ini dikoleksi oleh Jimmy Samsudin. Mobkas Sukarno itu terparkir di garasi Jimmy di Bintaro, Tangerang Selatan.

Banyak cerita serta sejarah di mobil Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine eks tokoh proklamator ini. Menurut Jimmy, mobil ini merupakan pemberian dari eks Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy.

“Ini hadiah dari kepala negara lain kan, dari John F. Kennedy waktu itu. Jadi sama saja sekarang ini merawat sejarah, bukan cuma merawat mobil,” kata Jimmy.

Jimmy memperoleh mobil ini sekitar tujuh tahunan yang lalu. Sebelumnya, di tahun 1975, mobil tersebut dilelang di Sekretariat Negara.

“Kemudian dipegang sama Pak Probosutedjo. Tahu-tahu dari Pak Probo, mobil ini lepas ke orang Solo, seorang pengusaha sekitar 3-4 tahun. Setelah itu mobil ini diambil sama Pak Marsekal Madya (Purn) Suprihadi. Di Pak Suprihadi mobil ini ada setahunan,” terang Jimmy.

Akhirnya, Jimmy memperoleh mobil dinas terakhir Bung Karno inidari tangan Suprihadi. Saat ini, Jimmy berperan jadi kolektor sekaligus perawat mobkas Bung Karno pemberian Kennedy ini.

“Mobil Bung Karno ini dulu dipakai untuk mobil kenegaraan. Dipakai untuk jemput tamu negara, atau untuk bolak-balik ke istana, acara-acara resmi dia pakai ini. Ada tiang bendera juga di depan. Ini ada sekat kaca juga di tengah. Jadi kalau ngobrol sama tamu negara ada hal penting, sopir di depan nggak akan dengar,” sebut Jimmy.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *